Cara setting AutoWrap Text di Cell Excel

Anggaplah anda akan membuat data survey dengan excel dimana pertanyaan cukup panjang dan melebihi  lebar cell, Cara manualnya anda bisa menggeser batas cell lagi ke kanan agar teks cukup atau dengan menggunakan [ALT]+ [ENTER] untuk membuat baris baru tanpa pindah cell. Cara ini bisa digunakan untuk data yang sedikit, namun bagaimana jika datanya sampai ratusan baris? Solusinya adalah menggunakan fitur excel bernama  Wrap Text.

Panduan ini menggunakan Micrososft Excel versi 2016, namun bisa juga di pakai di versi lainnya baik versi terbaru atau versi yagnlebih lama dari versi 2016.

Contoh data yang akan kita rapihkan dengan fitur auto Wordwrap excel

Target akhir adalah seperti gambar dibawah ini :

Contoh data yang sudah di format

kelebihan auto Wrap Text ini walaupun teksnya ditambah atau lebar kolom diubah, teks akan mengikutinya secara otomatis.

Berikut Langkah Auto Wrap Text di Excel

  1. Blok Cell atau Tabel yang ingin diformat menjadi auto Wrap Text
  2. Pilih Tab Home – Alignment – Wrap Text seperti gambar dibibawah ini
klik wrap Text, jika ingin rapi perataan vertikalnya klik middle Alignment (tombol terpilih di sebalah kiri wrap teks)

Tambahan : 

Agar tabel lebih rapi , blok sekali lagi tabelnya dan pilih tab Home – cell – Format – Autofit Row Height.

Similar Posts