Cara mudah memonitor Uptime website

Uptime robot

Setiap pemilik website tentunya menginginkan websitenya uptime 100%, namun kenyataan dilapangan,banyak webhosting  yang sudah overload sehingga website sering down. Ini sering terjadi pada layanan shared hosting. Pihak webhosting biasanya menggaransi uptime server 99% .  Jika kita kalkulasi, maka diasumsikan, toleransi down maximal 7 jam 12 menit. Apalagi ada webhosting yang menawarkan uptime garansi 99.9% uptime garanti, yang artinya waktu down maximal 1 jam dalam satubulan. Yakin webhosting yang kamu pakai uptimenya sampai seperti yang dijanjikan?

Kenyataanya tidak, Itulah mengapa sebagai client kita juga harus cerdas. Memonitor setiap saat jelas tidak mungkin, tentunya kita butuh tool/script atau layanan yangakan mengecek kondisi website kita dengan otomatis.  Sekarang anda tidak perlu susah payah lagi, ada layanan bernama http://www.uptimerobot.com yang akan memonitor untuk anda.

Berikut ini adalah kelebihan uptimerobot dibanding dengan layanan yang lain

  1. Free alias gratis
  2. website di monitor setiap 5 menit
  3. laporan ketika posisi down dikirim lewat Email, twitter, iOS push notification atau lewat SMS (hanya tersedia dibeberapa negara)
  4. bisa memonitor sampai 50 website untuk satu akun.
  5. bisa memonitor HTTP(web Monitoring), Ping dan mengecek port tertentu (untuk server).

Artinya, uptimerobot bisa menjadi “anjing penjaga” server yang akan selalu memberikan informasi saat server down. yang lebih penting lagi, Uptimerobot akan memberikan informasi kapan server anda kembali aktif dan berapa lama server down. Cool kan? Sekali lagi, semua anda dapatkan secara gratis!.

Khusus untuk webmonitoring, teknik yang digunakan oleh uptimerobot adalah dengan cara mengambil header HTTP request. Jika HTTP request mengambalikan nilai 200 yang artinya OK. Uptime robot tidak menggunakan teknik ping untuk memonitor website karena kadang server memblokir paket ICMP. Hal Yang lebih penting, Karena Uptime robot hanya mengecek header http, maka “kunjungan” Uptimerobot tidak akan tercatat di script tracking seperti Google analytics atau WordPress statistik.

Berikut ini adalah contoh dashboard laporan candra.web.id

Uptime robot
Laporan kondisi server kapan terjadi down dan kapan kembali up, dan berapa lama waktu down nya

berikut ini adalah contoh laporan uptimerobot yang dikirim lewat email

laporan Uptime robot saat server kembali up dan waktu berapa lama website kita down

Silahkan klik http://www.uptimerobot.com untuk memonitor server web anda sekarang, jangan asal percaya embel embel garansi 99.9%  uptime   dari webhosting!

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!