Cara Mereset Mikrotik RB750

RouterBOARD 750
RouterBOARD 750

Bagi anda yang sudah terbiasa dengan alat jaringan, tentunya tahu kalau setiap alat tersebut mempunyai tombol reset yang digunakan untuk mengembalikan konfigurasi alat ke settingan pabrik. caranya cukup mudah, cukup tekan lubang kecil dengan pensil/pena selama 10 detik  dan alat anda sekarang kembali keseting awal.

Ada berapa alasan mengapa alat jaringan di reset, yang paling sering adalah lupa password atau salah konfigurasi. Nah anehnya si RB750 ini udah ditekan berkali kali pakai pena pun tetap ga mau mereset ke settingan pabrik (baca:default). Setelah cari kesana kemari ternyata langkah yang benar adalah sebagai berikut:

TEKAN LUBANG KECIL DI BELAKANG YANG BERTULISKAN “RESET” SAAT RB750 Menyala MENGGUNAKAN PENSIL, LALU MATIKAN RB750 dengan CARA Mencabut Kabel POWER TANPA MELEPAS PENSIL YANG MASIH MENEKAN TOMBOL RESET, dan Colokan Kembali KABEL POWER  SAMPAI LED ACK Menyala beberapa kali . Nah baru Lepas PENSILnya setelah LED ACK tidak lagi berkedip.

SELAMAT MENCOBA!!!

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

14 thoughts on “Cara Mereset Mikrotik RB750”

  1. ini sih cara pasaran…
    rb 750 gw . dah gwa reset kyk gt . ttep gk mau
    cara rset nya dh bener lo ya. gw yakin bget…

  2. makasih banget… beneran bisa, tadinya gw reset cari di web sampe muter2…. satu lagi yang kurang kayaknya, semua kabel di port 1-5 harus di unplug dulu….. hehehe…. thx

  3. Saya mau nanya nih kawan…software apa yg digunakan utk me Restore kembali file Buckup konfogurasi Mikrotik ??….thanx atas kesediaannya utk memberikan pencerahan….

  4. gan,saya juga sudah lakukan yg di atas tapi tidak bisa… saya sudah membuka router nya ternyata di dalam ada tempat colokan jemper,bagai mana cara mereset menggunakan jemper? makasih gan… :)

  5. sry gan, saya sudah lakukan yg tertera di atas. Tapi ketika saya mencoba masuk tidak dapat terhubung. Bisa tolong memberikan solusinya??

  6. Terima kasih banyak Gan… Tadinya Gw Mau Buang nih alat, gara gara gak tau resetnya walau sdh ditekan tombol berulang ulang, ehhh gak taunya baca artikel Agan… makasih ya Gan… I Love U

Tinggalin komentar dong!