Cara Meningkatkan Trafik ke Blog dan Website

blog-traffi

Siapa yang tidak ingin blog dan websitenya di kunjungi oleh orang banyak? Itulah mengapa kita harus tahu bagaimana cara menaikan Trafik ke blog atau website kita. Disini saya akan sedikit berbagi dan memberikan tip agar blog dan website anda dikunjungi oleh banyak orang , kuncinya satu Social Network! loh kok bisa? bukan SEO?Seo juga penting namun untuk lebih jelasnya akan kita bahas!

Dalam tulisan ini saya akan mengambil contoh dari trafik candra.web.id sehingga akan tampak lebih real.

1. Buatlah Website dengan satu Thema /Topik. 

Internet itu gudangnya kontent dari berita luar biasa sampai berita sampah ada disini, sama juga dengan blog dan website, kalau anda membuat website yang menampung seluruh artikel dari cara memasak sampai programming, maka tidak ada yang spesial di website anda, kecuali anda adalah pemilik website berita atau portal sekelas Detik.com atau Yahoo.com. Buat spesialiasi.

Anda suka Traveling, tulislah blog yang membahas hobi jalan jalan anda, jangan dicampur dengan blog tentang gosip artis. Suka dengan dunia sepak bola, buatlah artikel yang isinya tentang sepakbola, suka korea? tulislah blog yang spesial untuk korea. Kuncinya, Jadilah spesialis, bukan generalis. Dengan menulis satu tema, anda makin dikenal orang dan anda akan diangap ahli di thema yang anda angkat secara konsisten di website atau blog and.

2. Tulislah Artikel Yang orisinal dengan gaya bahasa anda sendiri

Menulis memang gampang gampang susah, kadang kalau lagi mood, ide mengalir lancar, namun kalau tidak mood susah banget, tapi kata Raditya dika, lebih baik menulis jelek (dalam artian pas lagi ga mood) daripada ga ada yang ditulis sama sekali.

Menulis artikel sendiri yang orisinal juga akan meningkatkan kualitas isi website anda. Jika anda hanya mengkopi paste artikel orang lain, anda tidak akan pernah belajar menulis dan menuangkan ide. Apalagi kalau artikel teknis misal membahas mikrotik, nah seandainya  di artikel tersebut ada langkah yang salah, dan anda sendiri tidak faham dengan mikrotik anda tidak akan bisa membalas komentar jika ada yang  mengkritisi tulisan di blog  anda. anda juga tidak bisa menjawab bukan? yang akhirnya anda terkenal sebagai plagiator alias ‘copas man’. Sesekali boleh lah mengkopi artikel orang lain, namun ijin dulu dan jangan lupa memberikan link ke artikel yang asli.

Bahasa penulisan juga ga kalah penting, anda tidak harus terlalu teknis  dan formal ketika membahas Pemrograman atau perkara teknis lainnya, kalau anda bingung bagiaman gaya bahasa anda itu? ketika anda sedang ngobrol dengan teman anda misal saat membahas perbandingan C++ dengan java, rekam saja pembicaraan anda. dan tuliskan apa yang tadi anda ucapkan. semakin unik gaya bahasa anda, maka orang makin mengenal anda.

3. Kunjungi  dan komentari website yang menarik menurut anda.

Mengunjungi blog lain yang sethema dan memberi apresiasi terhadap artikel yang ditulis disana juga akan meningkatkan trafik ke website anda. Apresiasi disini bisa anda like, share atau memberi komentar. Tulislah email dan website anda di komentar. Penasaran adalah sifat dasar manusia, biasanya si admin blog atau website akan mengklik website anda ketika mengapprove komentar.

Hal yang penting disini, jangan nye-pam, atau komentar yang tidak relevan dengan artikel yang ditulis. usahakan anda memberi komentar yang baik dan bermutu baik anda pro atau kontra dengan isi tulisan, tentunya dengan bahasa yang sopan. kalau dalam bahasa kaskus” budayakan komentar yang bermutu”. Tidak cuman ” Pertamax”, “Keduax” ” Pertamax ga pertamax yang penting page on” itu adalah contoh komentar yang tidak bermutu. Tinggalkan kebiasan tersebut.

4. Utamakan kualitas bukan Kuantitas

Mengapa banyak Blogger menjadi plagiat? umumnya karena terpicu menaikan seo dan termotivasi dengan adsense. Suer, walaupun di website ini ada adsense, saya bukan orang yang begitu memburu adsense. Saya menulis karena saya suka dan ketika menulis, saya lebih mengutamakan kualitas ketimbang kuantitas, Buat apa memposting lebih dari 10 artikel perhari namun kualitasnya jelek, apalagi asal comot sana sini. Anggap bahwa pengunjung anda adalah pelanggan anda, tentunya anda berharap mereka kembali lagi besok! kalau artikelnya asal comot? yang ada malah umpatan pengunjung di komentar ” Wah copas ya mas?”

5. Perhatikan kata kunci yang menuju ke Website /Blog anda

 perhatikan gambar disamping, ini adalah Kata kunci yang menuju website saya. Dari sini tampak kalau orang ternyata banyak mencari artikel tentang froyo vs gingerbread serta artikel seputar mikrotik. JIka anda tahu bahwa user suka dengan artikel yang berbau mikrotik dan android apa yang anda lakukan? tentunya menulis lebih banyak artikel tersebut bukan?

6. Perhatikan artikel Populer di website anda 

Point ke enam ini masih ada kaitannya dengan point kelima. Perhatikan artikel yang populer di website anda. Jika dari lima subtopik (ex:android,linux,jaringan,web,pemrograman) ternyata artikel dengan  topik pemrograman paling diminati, kenapa kita tidak menulis lebih banyak tentang pemrograman?

Hal yang lebih penting, usahakan ketika anda melihat artikel populer di website anda, lihat kmebali artikel tersebut dan perhatikan kalau kalau ada kesalahan isi atau pengetikan, perbaiki dan kalau perlu, update artikel tersebut dengan informasi baru. Alih alih anda menulis artikel baru, lebih baik anda memperbaiki kualitas tulisan lama!. Ingat Kualias diatas kuantitas!

7. The Power Of Social Media  

Jangan terlalu terfokus dengan SEO, ingat trafik sekarang ga selalu dari search Engine.  

Lihat gambar disamping, tampak bahwa Search engine hanya memberikan seperempat ketimbang Facebook. itulah mengapa musuh terbesar Google bukan Microsoft tapi Facebook.

Pasanglah widget untuk share ke sosial media, dan biarkan  pengunjung berbagi ke teman temannya di facebook, twitter atau kaskus.  Biarkan para blogger lain mencomot artikel anda di blognya dengan memberi syarat untuk menuliskan referensi sumber aslinya dimana alamat aslinya harus berupa link. bukan cuman tulisan “sumber:”candra.web.id”.

Dari gambar diatas, tampak bahwa segian besar trafik (lebih dari 80%) website ini bersumber dari social media. Manfaatkan dengan baik social media. Saat artikel anda populer di sosial media, maka secara “magic” website anda akan terus menerus mendapatkan trafik.

Penutup

 

Jika anda mengikuti tips di atas insyallah trafik anda akan meningkat. Sekedar gambaran efek dari Social media terhadap peningkatan trafik, lihat statistik websitediatas , dari trafik yang sehari hari berkisar di angka 300-an menjadi ribuan perharinya ! Semoga artikel ini bermanfaat, dan silahkan di share jika menurut anda menarik ! Happy Writting!!

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

1 thought on “Cara Meningkatkan Trafik ke Blog dan Website”

Tinggalin komentar dong!