DU Meter di Systray

Sebagai pengguna Internet yang anggaran internet bulannya terbatas maka sudah sekiranya kita  bisa memonitor penggunaan internet di Komputer kita. Salah satu cara yang paling mudah adalah menginstall program Monitoring Bandwidth bernama DU Meter . DU Meter adalah program Shareware yang bisa kita pakai 30 Hari Gratis, jika anda dan ingin melanjutkan pemakaiannya setelah 30 Hari, silahkan anda bisa beli lisensinya.

Selain penggunaan Dasar DU Meter juga bisa dipakai untuk mendeteksi apakah ada aplikasi yang selalu Update sehingga menyebabkan kita boros paket data. Selain itu DU meter juga bisa digunakan sebagai Stopwatch Bandwidth. Sebagai Contoh anda ingin mengetes kecepatan download koneksi anda selama 1 Menit anda bisa menggunakan Fitur StopWatch.

 

Berikut ini adalah fitur dari DU Meter :

  1. Memonitor Bandwidth dalam interface Grafik/Angka atau keduanya.
  2. Tampilan sederhana (muncul di taskbar atau di Systray Windows).
  3. Bisa menampilkan /Membuat Laporan Penggunaan Bandwidth Perjam, hari, Minggu atau bulan.
  4. Bisa Memonitor Trafik Internet atau LAN (DU Meter memisah trafik LAN dengan Trafik Internet).
  5. Bisa memonitor Penggunaan Bandwidth Per Aplikasi .

Tampilan Penggunaan Monitor Per Aplikasi

Jika anda tertarik anda bisa mendownloadnya http://www.hageltech.com/dumeter/about.

Seting lanjutan dari Aplikasi ini bisa mengirim email Alert jika penggunaan bandwidht mencapai batas tertentu. selain itu Juga bisa memfilter berdasarkan Nama Access Point ataupun memonitor berdasarkan adapter tertentu (Misal anda hanya ingin memonitor penggunaan data di jalur Wifi, namun untuk pemakaian LAN tidak perlu). Bukan hanya itu, DU Meter juga menyediakan fitur monitoring Online di dumeter.net, namun fitur ini hanya digunakan bagi pelanggan berbayar.

Sejauh ini, DU Meter adalah salah satu tool Monitoring Bandwidth Terbaik di Windows. Yang saya sayangkan DU Meter tidak tersedia di Mac ataupun Linux. Namun bagaimanapun juga, DU Meter sangat bermanfaat bagi Admin Jaringan ataupun user biasa yang ingin memonitor penggunaan Bandwith di jaringannya.  Kekurangan terbesar dari DU Meter adalah Aplikasi ini hanya memonitor di Komputer yang terinstall DU Meter. Jadi misalkan di rumah kita memakai MiFi  Seperti Smartfren 4G LTE Modem maka jika di rumah tersebut ada 3 komputer A, B, C dan yang terinstall hanya komputer A,  maka yang terukur penggunaannya hanya komputer A tersebut.