Cara Mengubah MAC Address Windows

Mac Addess Changer

Mac Address, Apa itu?

Mac Address adalah alamat yang menempel di LANCard. Alamat ini sering juga disebut sebagai Physhical Adress. Setiap LANCard mempunyai alamat yang unik yang terdiri dari sederet angka Hexadecimal, contoh 00:02:49:ED:E5:88. Kadang penulisannya menggunakan strip untuk memisahkan angkanya seperti contoh berikut 00-02-49-ED-E5-88.

Mengapa kita perlu mengubah Mac Address?

Sebenarnya, MAC address tidak didesain untuk diubah, namun karena suatu hal atau karena suatu keperluan, kita harus mengubah alamat Mac Dari Lancard tersebut. beberapa alasan untuk mengubah seperti di bawah ini:

  1. Anda memakai Hotspot di Tempat umum namun hanya diperbolehkan mengakses gratis selama 1 jam (misal), setelah itu anda tidak bisa memakai lagi sampai besok. Dengan mengubah mac Address anda bisa terus menerus mengakses hotspot dengan cara mengubah mac Adress tiap jam. Keren kan?
  2. Mac Address anda kena blokir di layanan publik hotspot sehingga anda tidak bisa lagi mengakses internet di hotspot tersebut. Dengan mengubah mac Address, filter hotspot akan terkecoh yang akhirnya anda bisa mengakses hotspot lagi *horeeee, Free akses!!!*
  3. Anda main ke tempat teman anda yang memakai RT RW Net atau di kampus , namun anda tidak bisa mangakses Hotspotnya karena harus mendaftarkan Mac Address dulu, dari pada pusing pusing, ganti saja Mac Address anda dengan Mac Address punya teman anda yang sudah mendaftar dan sekali lag Hore…anda bisa konek internet.

Dan masih banyak alasan yang lain.

Bagaimana cara mengubahnya?

Ada dua cara, Ubah dengan tangan kosong alias manual atau dengan software bantu.

Cara Manual

  1.  Klik kanan ikon Lancard /Wireless LanCard di Kontrol panel  yang ingin anda ubah macnya
  2. klik Properties lalu klik tombol  Configure
  3. Klik tab Advanced pada bagian properties cari opsi Network address. 
  4. masukan Mac Addres baru pada textbox value, tanpa tanda ‘:’ atau ‘-‘ sebagai contoh  000249EDE588
  5. setelah selesai, coba disable dan enable kembali network anda
  6. cek lewat command prompt dengan  ip config /all dan cek pada bagian Physhycal addres, seharusnya sekaran sudah berubah.
Tampilan advanced Tab di Network Card Properties

Menggunakan Software bantu

Software bantu untuk mengganti Mac Address sudah bertebaran di internet, coba saja anda Googling dengan kata kunci “Mac Address Changer”. Namun biar anda ga report anda pake saja Technitium Mac Address Changer yang bisa anda download di http://www.technitium.com/tmac/index.html.

Mac Addess Changer

Caranya sangat sederhana, cukup buka programmnya, klik mac Address yang akan anda ubah, masukan mac Address baru atau buat Mac Address secara acak kemudian “Change Now!”. Viola…selesai. Simple kan?

Selamat berinternet ria tanpa batas!

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

4 thoughts on “Cara Mengubah MAC Address Windows”

Tinggalin komentar dong!