Cara Membuat Image Map dengan Mudah

Pengertian

Image Map adalah gambar di suatu website yang dirancang dengan cara yang memungkinkan area gambar yang berbeda mengandung link yang berbeda sehingga mengklik satu area  gambar akan membawa user ke sebuah link dan mengklik dibagian link dari gambar tersebut akan membawa user ke link yang lain pula. Image map banyak dipakai diwebsite yang mengandung peta, susunan organisasi atau diagram. Untuk lebih jelas lihat gambar dibawah ini

Lihat gambar diatas, jika anda menginginkan setiap kotak dari bagan organisasi diatas bisa dilink ke suatu halaman, maka anda harus membuat Image maps. Misal ketika anda klik di kotak “divisi EO” maka anda akan dibawa ke halaman eo.html  dan ketika anda mengklik kotak “divisi Infokom” maka anda akan dibawa ke infokom.html .

Cara membuat

Cara membuat Maps bisa dengan cara manual ataupun menggunakan tool.  Cara manual, anda harus menentukan koordinat gambar dan menambahkan link didalamnya, ini jelas sulit apalagi kalo ada puluhan link dalam satu gambar, cara mudahnya gunakan tool dan salah satu tool online yang bisa dipakai adalah http://www.image-maps.com/.

Caranya anda cukup upload gambar yang ingin anda buat ‘image map’ nya dan anda tinggal klik bagian yang ingin di kasih link, berikan link dan keterangan di textfield yang telah disediakan, lihat gambar dibawah ini.

Dalam contoh diatas, saya sedang membuat link untuk kotak “ketua Umum” , pada bagian link for this image saya tambahkan organisasi/ketua.html.

hasil

Hasil image map bisa anda lihat di preview dan anda bisa mendapatkan Kode HTMLnya, anda tinggal copy paste ke kode website anda . Secara default, link juga akan ditambahkan dibawah gambar utama. Jika masih bingung, silahkan anda coba langsung di  http://www.image-maps.com/.

3 Replies to “Cara Membuat Image Map dengan Mudah”

Tinggalin komentar dong!