Cara Membuat Android Emulator




Setelah kita sukses menginstall Eclipse dan SDK android, langkah selanjutnya adalah Membuat emulator. Berikut ini caranya :

1. Buka eclipse, masuk ke menu Windows -> AVD Manager.

AVD manager

AVD manager

Pada gambar di atas, tampak bahwa sudah ada beberapa emulator yang telah dibuat. Emulator di Android bersifat Unik dan spesifik terhadap Versi android tertentu dan ukuran layarnya. Pada gambar diatas, contohnya, AVD name and23 adalah emulator untuk GingerBread. Emulator kedua bernama androgcmr, juga sama sama emulator Gingerbread, perbedaannya Emulator ini dipakai untuk testing Google map.

2. Untuk membuat emulator baru, klik tombol New

avdsetingAVD Name : berilah nama emulator baru dengan nama sesuka anda, namun ada syaratnya, gunakan huruf kecil saja tanpa spasi, sebagai contoh saya beri nama emulatornya :”candroid”.

Device :Pilihlah ukuran device dengan layar inch yang kecil saja, semakin besar layar Device yang anda pakai, makin lama loadingnya saat testing aplikasi. Saran saya, gunakan Device dengan layar 3.5 inch kebawah.

Target:  API Level dari android.  Sebagai contoh, jika anda ingin membuat emulator gingerbread, maka pilihlah Android 2.3.3 API LEVEL 10. Pilihan yang ada di target ini, masing masing SDK berbeda, tergantung API yang sudah anda download/upate.

Memory Option: Sekedar saran, jika anda membuat emulator untuk GIngebread kebawah maka isi Memory Optionnya minimal 256MB, Jika anda membuat emulator untuk ICS keatas, minimal RAM 512MB.

SD Card: isikan minimal 200MB.

Parameter yang lain, ikuti saja gambar diatas. Lalu klik OK. Selanjutnya,mari kita test emulator yang baru kita buat dengan cara klik tombol Start.  Setelah itu akan muncul jendela Launch Option, langsung klik aja tombol Launch.

 

Note: Di jendela Launch Option, anda bisa mengubah ukuran layar dan “wipe Emulator”. Wipe userdata sangat bermanfaat untuk mereset emulator. Reset emulator ini akan menghapus semua aplikasi yang pernah kita install di emulator tersebut.

Emulator Android

Emulator Android

Tutorial selanjutnya, kita akan membuat program pertama android. Di tunggu ya!.

 

Tags:

8 thought on “Cara Membuat Android Emulator”

  1. Mantap panduannya..

    Jika berkenan saya ingin berpartner link dengan Anda :)

  2. desi says:

    bang mau tanya, kalau tombol OK nya ga aktif itu apanya yg salah? jadi ga bisa create saya, :(

  3. yn says:

    maaf saya orang awam yang sedikit berhayal, kira2 bisa ga ya kita mengakses aplikasi2 di android kita yang ada dirumah seperti WA,Instagram dll dengan cara online karena kita ada diluarkota, kalau sekedar cek sms sudah ada kalau untuk bisa akses aplikasi lainnya ada ga ya ?

    1. ada…namax.. vnc… sayangx itu berbayar

  4. imam hasibuan says:

    alhamdulillah bermanfaat banget gan, terimakasih :D

  5. yanuar says:

    kalo pake genymotion giman tuw bro cara settingannya??

  6. tommy patra says:

    masya allah… tulisan ente membuat org paham dgn mudah ! mudah banget… syukur ane dulu java opp nya paham banget… sayangx pensiun maen di java :)

  7. bang candra..! kenapa kalo kita pake adt-bundle-windows-x86, pada emulatornya tidak terlihat tombol qwerty seperti halnya gambar di atas

Tinggalkan Komentar plz!