Cara Install APK secara Manual

Contoh instal lewat Gmail

Setelah APK berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah menginstall manual di smartphone dan mendistribusikannya agar pengguna lain juga bisa mencicipi aplikasi yang kita buat. Cara yang paling umum tentunya dipublish di Google Play Store, Namun apakah ada cara manual dalam menginstall dan mendistribusikan apk android?

Jawaban singkatnya Bisa! Hal ini karena android bersifat terbuka. Google tidak memaksa agar kita wajib mendistribusikan dan menginstall APK kita di Playstore. hal ini jelas sangat berbeda dengan Apple yang memaksa user dan developer iphone untuk selalu menggunakan Appstore miliknya.

Namun, sebelum user android bisa menginstall secara manual pastikan seting smartphone/tablet anda membolehkan instalasi dari selain playstore deng masuk kemenu setting -> security centang pada bagian unknown source Allow Instalation of app from unknown source.

Ada 3 Cara yang bisa kita lakukan untuk menginstall dan mendistribusikan APK secara manual. 3 cara tersebut adalah mengkopi manual file apk ke sdcard, meletkannya di website lalu didownload langsung dari smarpthone/tablet dan mendistribusikan lewat email. Yuk, kita bahas satu satu!

Install Manual lewat SDCard

Cara termudah, kopikan file apk ke SDCard, setelah itu, masuk ke FIlemanger di android, dan klik saja file apknya, maka akan muncul Konfirmasi instalasi android. Pilih install

Install lewat Email

Kirimkan APK lewat GMail, lalu mintalah user untuk membuka email langsung dari GMail android. Maka GMail langsung mendeteksi ada lampiran apk dan langsung muncul tombol “install’.

Contoh instal lewat Gmail
Contoh instal lewat Gmail

Distribusi dan install lewat Website.

letakan file apk di website anda, lalu mintalah user mendownload langsung lewat android, setelah download selesai, maka user tinggal instal APknya

3 cara tersebut semuanya sangat mudah dan nyaman baik bagi developer atau user. Jika anda mau menginstall file dari pihak ketiga yang tidak anda kenal, alangkah baiknya file apk di scan dulu dengan antivirus untuk memastikan apk aman. Selama mencoba !

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!