Cara efektif mencari di Google

dailygoogle

melanjutkan artikel sebelumnya, kali ini kita akan membahas tentang Knowledge graph dari sisi user. Namun, demi alasan seo  artikel ini  saya beri judul  “Cara efektif mencari di Google“.  Ketika anda melakukan pencarian di Google, sebenarnya Google tidak memberikan solusi kepada anda, tapi memberikan “pihak” yang mempunyai solusi yang anda minta. Betul kan?

Sekarang tidak lagi, Google mulai mengembangkan teknologi dengan nama Knowledge graph di mesin pencari. Singkatnya, jika jawaban bisa diberikan langsung secara singkat dan pasti (biasanya berupa fakta) kenapa tidak langsung muncul di hasil pencarian?

solusi yang diberikan google akan muncul di samping kanan hasil pencarian untuk pencarian berupa fakta, object, orang orang terkenal, film atau nama tempat) dan muncul langsung dibawah kotak pencarian seperti jadwal penerbangan, kurs mata uang, waktu saat ini dan sebagainya? Do you know what im saying? jika tidak cukup  lihat gambaran dibawah ini.

Mencari Informasi Umum harian

Google bisa mencari informasi seperti cuaca hari ini, waktu saat ini di kota tertentu, sunsire,sunsite dan harga saham. Informasi ini tidak bisa didapatkan dengan mengandalkan hasil pencarian, makanya Google membangun solusi sendiri .

Sampai saat ini, Graph search baru mendukung bahasa inggris di Google.com, bukan google.co.id. cobalah kata kata berikut ini :,“weather in Yogyakarta“,” Time in Yoyakarta“,” Telkom indonesia stock“,“sunrise Yogyakarta” dan “Sunset Yogyakarta“. silahkan kata Yogyakarta anda ganti dengan kota anda. hasilnya seperti dibawah ini.

dailygooglesebagai bonus, suka bola dan olah raga? coba ketikan nama tim mu di Google. Suprisenya buat anda, sebagai contoh ketikan “Ac milan” dan lihat apa yang apa hasilnya.

Selain informasi harian seperti diatas, Google juga bisa dijadikan mesin referensi seperti konversi format ukuran (misal dari mil ke km), kalkulator atau menampilkan informasi public semisal populasi penduduk.

Menjadikan Google Sebagai referensi

untuk mencoba kalkulator google coba masukan masalah matematika ke search box seperti (5000/2)*10, membuat graphic seperti x^2+2x+1,  Melakukan konversi 1 gallon in liters atau melihat populasi penduduk negara atau wilayah tertentu seperti “population indonesia

googleref

Mencari informasi saat traveling

Google bisa menjadi teman yang baik saat anda traveling. Mulai dari perencaan sampai  anda kembali lagi kerumah. Untuk traveling ini saya asumsikan saya adalah seorang turis yang akan kejogjakarta dari jakarta. saya ketikan “Flight jakarta to yogyakarta“, maka google akan menampilkan jadwal penerbangan. Selanjutnya anggaplah saya mengambil penerbangan garuda 202 , saya cari ” garuda indonesia 202” dan sesampai di jogja saya ingin melihat peta jogja ” Yogyakarta map” dan saya ingin menukarkan uang Dollar kerupiah, saya ingin tahu sekarang konversinya berapa? “1 usd in rupiah“.

hasilnya adalah sebagai berikut:

travel

Semua informasi diatas ditampilkan secara ringkas, simple namun bermanfaat. Semua fitur diatas sudah terintegrasi dengan Android dengan nama Google now. Nah yang terakhir, jika seorang turis dan ingin melihat informasi tentang borobudur misalkan, maka cukup cari “borobudur” . Nah info borobudur akan ditampilkan juga secara ringkas. seperti dibawah ini . Enak kan?

borobudur

Kalau seperti ini, terus bagaimana dengan website yang muncul dihasil pencarian, ga bermanfaat dong? tidak juga, semuanya masih tetap bermanfaat, terutama untuk informasi detail yang tidak dimiliki Google. Google juga sudah memberikan tips dan menyiapkan protokol “snipet” agar informasi dari website akan muncul dengan cantik dan bermanfaat bagi user tanpa mengklik website anda, nah gimana caranya? saya tulis diposting selanjutnya.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

1 thought on “Cara efektif mencari di Google”

Tinggalin komentar dong!