Cara Berkontribusi di Open Source

Open source bermakna luas dan siapapun anda, bisa berkontirbusi didalamnya. Artikel ini akan menjelaskan cara berkontribuasi di proyek open source dari yang paling mudah dan non teknis sampai yang paling teknis (coding,debuging, testing).  Dalam artikel ini, kata program,aplikasi dan proyek open source akan saya pakai secara bergantian untuk mengacu pada hal yang sama.

1. Memakai, menulis review atau merekomendasikan

Cara paling mudah berkontribusi di open source adalah memakai produk open source. Setelah memakainya, anda bisa menulis reviewnya di blog atau merekomendasikan ke orang lain secara lisan. Itu semua bentuk kontribusi ke open source, siapapun bisa melakukan hal ini. Anda suka linux? LibreOffice, Firefox? Promosikan ke orang lain, maka anda adalah kontributor opensource.

2. Menulis, menterjemahkan dan membuat tutorial Program open source.

Cara kedua mirip dengan cara pertama, namun cara kedua ini biasanya untuk yang pintar berbahasa inggris, anda bisa menterjemahkan dokumentasi resminya kedalam bahasa indonesia. Jika anda melihat ada proyek open source dari indonesia, anda juga bisa menulis dokumentasinya dalam bahasa inggris. Yang terakhir, jika proyek open source dipakai oleh para Admin jaringan atau programer, anda bisa mmbuatkan tutorial dari program tersebut. Untuk kontribusi ini, sangat cocok jika anda seorang mahasiswa IT, ahli jaringan, admin jaringan atau programer.

3. Membuat desain, Logo, Icon,Tampilan atau sketsa.

Kebanyakan aplikasi open source dibuat oleh seorang yang punya logika pemrograman kuat namun jelek didesain. Bagi anda yang suka dengan desain grafis, anda bisa membuat wallpaper, thema website, rancangan UI, logo atau icon untuk proyek tersebut. Biasanya proyek proyek besar akan mengadakan ‘sayembara’ logo untuk mendapatkan logo resminya. Sayembara memang tidak ada duitnya, namun nama anda tetap akan tercantum di  proyek tersebut. Nilai plus nya, logo tadi bisa masuk kedalam portofolio karya anda.

4. Ikut Milis, Forum, Group.

Jika anda ahli di suatu bidang open source, bergabung lah ke milis atau forum untuk proyek tersebut, Sangat banyak pemula yang kesulitan memakai produk open source dan anda bisa membantu mereka. Inilah kekuatan dari open source, kita saling membantu sesama pengguna dan sesama developer. Di sisi lain, sebenarnya inilah kekurangan open source, kebanyakan program bagus di open source mempunyai dokumentasi yang tidak lengkap dan tidak adanya support resmi dari pembuatnya.

5. Testing aplikasi dan Kirim Bug

Sebagus apapun Aplikasi dibuat, pasti ada bugnya. Disinilah pentingya peran tester, dia mengetes semua bagian dari aplikasi dan jika ada error, maka tester akan melaporkannya ke developer. Jika anda suka dengan testing, terutama para security tester dan  hacker , anda bisa berkontribusi disini. Akan lebih baik lagi jika error yang ada langsung anda perbaiki (bugfix) .

6. Mendonasikan Hardware/service atau Uang.

Programer open source juga butuh makan, makanya jika anda merasa karya mereka bagus, anda bisa menyumbang uang( biasanya lewat paypal) agar mereka bisa terus berkarya dan proyek open sourcenya makin bagus. Donasi juga bisa dalam bentuk layananan. Misalkan anda perusahaan webhosting, anda bisa memberikan layanan hosting gratis untuk proyek open source. ISP juga bisa mendonasikan bandwith dan servernya untuk memirror Software open source.

7. Kontribusi kode di proyek open source

Kontribusi ini khusus bagi anda yang berkcimpung diduna programing, anda bisa menulis kode atau memperbaiki kode, menambah fitur baru atau memperbaiki fitur yang sudah ada disebuah proyek open source. Setiap kontribusi  walaupun cuma satu baris, akan tercatat di proyek open source, biasanya yang tercatat adalah nama dan email. Makin banyak kontribuasi yang diberikan, maka nama anda juga makin besar, ini sama dengan personal branding bahwa anda ahli dibidang pemrograman bukan?

8. Merilis dan mengopensourcekan karya anda.

bagian terakhir ini mirip dengan point 7, berbedaannya di point 8, Anda sendiri yang mengopen sourcekan karya anda. Karya biasanya sebuah software yang anda buat sendiri. Yang terakhir ini memang sulit dan biasanya programer di indonesia ‘pelit’ dalam berbagi kode. Kenyataan di lapangan, memang sangat sedikit proyek open source dari indonesia, nah anda bisa memulainya sekarang.

Mungkin ada yang bilang:”Lah sejauh ini, apa kontribusi mas candra di proyek open source?” Alhamdulillah saya sudah mengopensourcekan beberapa proyek yang bisa anda lihat di menu “Frecode” di website ini. Beberapa proyek yang saya open sourcekan adalah “Candralab CMS“, “Candralab eCommerce” ,”CandraLab GIS” dan “candralab Kamus“.

Semoga artikel ini bisa menjadi bagian dari kontribusi di bidang open source dan makin banyak pihak yang berkontribuasi didalamnya.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!