Jaman sekarang, akses interent tidak melulu didepan komputer, saat ini orang bisa berinternet kapan saja dimana saja selama ada sinyal 3G/4G dengan paket data yang dijual murah. Namun, banyak yang tidak tahu bahwa menonton video youtube adalah salah satu penyedot data paling besar dari semua aplikasi. Sebenarnya youtube sudah mengatur secara otomatis tergantung perangkat dan kecepatan internet untuk memilih resolusi berapa yang akan diputar, namun mengatur manual akan tetap lebih baik dalam menghemat data. Kalau kita teliti sebenarnya aplikasi youtube sudah mempunyai fitur untuk mengurangi penggunaan data dengan mengatur resolusi video yang diputar. Berikut ini adalah perbandingan penggunaan paket data permenit untuk resolusi video yang anda pilih :
No Resolusi Data/Menit
1 144p 1.90 MB
2 240p 2.70 MB
3 360p 4.40 MB
4 480p 7.70 MB
5 720 (HD) 14.50 MB
6 1080 (HD) 27.61 MB


referensi:http://www.clifftam.com/much-data-youtube-video-use/

Sekarang jika anda menonton Video di youtube dengan resolusi 360p selama 5 menit anda memakai paket data sekitar 22MB. jika anda menggunakan resolusi 144p maka anda hanya menggunakan 9.5MB.  Ukuran resolusi rendah juga sangat bermanfaat jika anda hanya ingin mendengar suara di video youtube seperti berita, wawancara atau music karena kualitas audio sama saja berapapun resolusi gambarnya ( ini yang saya tahu).

Cara mengubah resolusi di Youtube
Klik tombol Gear di pojok kanan bawah akanmuncul menu dibawah ini, pilih quality dan pilih Resolusi 
Pilih qualitas rendah untuk menghemat data, untuk smarpthone resolusi 144p atau 240p sudah cukup
 Idealnya HP atau tablet cukup menggunakan resolusi 144p – 360p sedangkan pengguna tablet, laptop atua komputer cukup gunakan 360p -480p , sedangkan resolusi HD digunakan untuk ditayangkan di TV dengan kemampuan HD seperti Smart TV atau LCD TV. 
Menghemat data di Android 
Gunakan  aplikasi Youtube GO yang bisa anda download di Playstore. Saat anda akan memutar video anda akan diberi pilihan  akan memutar video dengan resolusi yang mana, selain itu anda juga diberi pilihan untuk mendownload video sebelum diputar. Untuk fitur ini anda bisa sangat menghemat data jika video sama sering anda putar. Selain itu, fitur download ini jug amemungkinkan kita memutar video tanpa paket data. Keren kan? Selamat mencoba!
Categories: youtube

Candra Adi Putra

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com