Belajar Pemrograman Web dengan Editor Online

jsfidle

Belajar web saa ini jauh lebih mudah dibanding 5 tahun yang lalu, bukan hanya karena banyaknya tutorial yang tersedia, namun karena banyaknya tool online yang tinggal pakai. Sebelum membahas lebih jauh, saya akan bahas 3 teknologi dasar yang dipakai oleh sebagian besar website dari sisi bahasa pemrogramannya.

Kebanyakan website menggunakan MySQL untuk menyimpan datanya , menggunakan PHP untuk melakukan pemrosesan dan menggunakan HTML, CSS dan Javascript unuk menampilkan halaman input/outputnya ke browser. Sebenarnya masih banyak teknologi web yang lain, namun PHP/MySQL serta trio HTML,CSS, JS lah yang paling mendominasi.

Berikut ini adalah 3 website yang bisa kita gunakan untuk belajar Pemrograman web secara online. 3 Website ini saling melengkapi satu sama lain. Yang lebih penting, kamu harus praktek untuk belajar.

jsfiddle

Jsfiddle adalah editor online untuk belajar HTML,CSS dan javascript, termasuk jQUery dan libary javascript lainnya. Saat anda membuka JsFiddle, akant ersedia 4 panel. 3 panel pertama unuk mengetik HTML, CSS dan javascript dan panel keempat adalah panel Result yang merupakan hasil output dari kombinasi 3 bahasa tadi. Jika anda ingin memulai belajar, silahkan buka juga w3schools.com untuk materi pelengkapnya.

JSFiddle juga sudah dilengkapi dengan Tidy Up yang akan merapikan source code dan JSlint yagn akan mengecek kesalahan coding di javascript. Kelebihan lain dari jsfiddle, source code bisa dishare lewat link atau jejaring social. Terus bagaimana kalau butuh library seperti jquery? santai aja, jsfiddle juga sudah menyertakan kok. Intinya tinggal pakai.

jsfidle

 

 

phpfiddle

jika jsfiddle hanya bisa melakukan coding client side, maka, phpfiddle bisa dipakai untuk belajar server side programing dengan PHP. Layanan ini sangat cocok untuk belajar dasar dasar php atau cara pemakaian sebuah fungsi di PHP. Kelebihan dari phpfiddle adalah integrasinya dengan gist dan dropbox. kode bisa disimpan di gist atau di dropbox sehingga kita bisa melanjutkannya dikemudian hari atau berbagai snippet (potongan kode) dengan programer lain. Bagi yang belum tahu, GIST adalah layanan sharing snippet dari Github dan Dropbox adalah layanan penyimpanan file secara online.

php fiddle
php fiddle

SQLFiddle

Layanan terakhir sebagai pelengkap dua layanan diatas adalah SQLfiddle. Bagi yang sedang belajar SQL, cukup buka website ini. Anda bisa membuat table, menambah data dan melakukan berbagai macam query langsung. Sangat cocok bagi yang sedang melakukan test query, misal mengambil data dari 3 tabel yang saling berelasi. SQLfiddle mendukung database MySQL, SQlite, Oracle, MS SQL Server dan PostgreSQL.

SQL fiddle
SQL fiddle

Dengan 3 layanan diatas dan materi dari w3schools.com, anda bisa belajar pemrograman web hanya dengan sebuah browser. Tidak ada alasan lagi tidak belajar karena belum menginstall XAMPP atau memakai komputer publik. Sekarang tinggal anda mau belajar ga? 

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

3 thoughts on “Belajar Pemrograman Web dengan Editor Online”

  1. Mas mau nanya nih, saya lagi belajar extjs dan mau coba di jsfiddle.
    Kalau untuk membuat lebih dari 1 file js nya bisa ga ya?
    terima kasih

Tinggalin komentar dong!