Belajar Pemrograman Online

contoh belajar coding membuat gambar pig. Code disebelah kiri dan hasil akan muncul disebelah kanan

Apa yang anda lakukan saat berinternet ria? Browsing, chating, Update status?. Jika anda hanya memanfaatkan internet hanya untuk 3 hal diatas atau yang sejenis apalagi hanya untuk membunuh waktu, hanya ada satu kata :”kasihan!”. Browser+Internet adalah tool super canggih diera cloud saat ini. Hanya dengan browser kamu bisa menulis dokumen word, Membuat diagram, mengedit gambar dan bahkan untuk belajar coding.

Belajar coding? maksudnya baca tutorial pemrograman di internet gitu? Hahahaha… Ga bro, yang sama maksud, hanya dengan browser, kamu bisa tetap belajar coding tanpa perlu install apapun dalam artian tangan kamu harus mengetik code program dan langsung bisa dicek apakah codemu benar atau tidak. Website ini bisa sudah banyak bertebaran. Website ini mirip dengan elarning namun lebih interaktif. Singkatnya, belajar coding bisa dimana saja tanpa harus ribet install dan seting macam macam tool.

Langsung saja bro, cek 3 website ini untuk melatih kemampuan coding kamu.

KhanAcademy

Khanacademy adalah website nomor satu dalam masalah pembelajaran video online. Disini kamu bisa belajar sejarah, science dan matematika plus Coding. Khsusus untuk matematika dan coding (computer science), disediakan fitur interaktif. Anda benar benar harus mencoba sendiri.

Untuk belajar pemrograman di KhanAcademy, materi programing lebih fokus ke pengenalan. Jadi,tidak membahas bahasa pemrograman tertentu. Sangat cocok bagi yang baru masuk kuliah Teknik Informatika atau jurusan SMK TI. Salah satu contohnya dalah bagaimana menggambar pig di game angrybird dengan coding sederhana.

contoh belajar coding membuat gambar pig. Code disebelah kiri dan hasil akan muncul disebelah kanan
contoh belajar coding membuat gambar pig. Code disebelah kiri dan hasil akan muncul disebelah kanan

Code Academy

Berbeda dengan khan, Code academy langsung membahas kedalam bahasa pemrograman, khususnya untuk web. Materi yang dipelajari disini adalah HTML, CSS, jQuery, Python dan Ruby, tentunya secara interaktif. Setiap kita berhasil melakukan tantangan coding, kita akan mendapat point dan lencana. Model Gamifikasi seperti ini akan membuat sekaan akan kita sedang bermain, bukan sedang belajar :). Pokoknya kalo ga coba sendiri, rugi deh!.

Contoh belajar jQuery secara interaktif
Contoh belajar HTML+jQuery secara interaktif

Codeschool

Codeschools mirip dengan CodeAcademy. Perbedaannya, belajar disini ada yang gratis dan ada yang bayar. Beberapa materi kursus gratis yang tersedia adalah jQuery, Chrome Dev Tools, Github, RUby dan Ruby On rail.

beberapa kursus yang ditawarkan oleh codeschool
beberapa kursus yang ditawarkan oleh codeschool

Dua link tambahan yang sangat bermanfaat bisa anda baca sendiri disini

  1. Top 18 Social Media Resources for Developers
  2. 10 Social Networks for Developers

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

2 thoughts on “Belajar Pemrograman Online”

  1. makasih,, btul broo… ap yg anda lakukan saat berinternet ria??? yaaa hanya update2an.. makasih yaaa… artikellnyaa..

Tinggalin komentar dong!