Aviate: Launcher Adaptive di Android

Sudah berapa kali anda ganti Launcher di android? mungkin anda sudah mencoba Go Launcher, ADW Launcher dan launcher yang lain. Namun, jika kita perhatikan, semua launcher itu hanya sebatas ganti tampilan, wallpaper, atau icon. Sebagian lagi meniru OS yang lain, sebagian lagi hanya fokus ke animasi, betul ga? Perkenalkan Aviate si Adaptive Launcher. Apa maksudnya adaptive? Tampilan home screen di aviate akan terus berubah sesuai dengan waktu, tempat dan aktivitas kita. Wow coolkan? Aviate membagi aktivitas menjadi 3 yaitu Home, Work dan Going samewhere (Traveling).

 

aviate

Saat anda di Home, Aviate akan menampilkan icon aplikasi  yang ‘cocok’ untuk dirumah misal facebook, Google chrome dan aplikasi ‘santai’ lainya. Ketika anda bekerja, maka tampilan icon berubah menjadi GMail, Google drive, Skype, Calender Dropbox dan berbagai aplikasi untuk aktivitas di kantor. Selain itu, dalam mode ini, kamu juga bisa melihat event /jadwal hari ini, tentunya jika kamu mempunyai event  di calender. Aviate juga terintegrasi dengan Point of interest di google map, saat anda berjalan atau bepergian, maka informasi lokasi menarik akan ditampilkan diaviate, misalkan anda berkendara dan ingin ke pom bensin terdekat, aviate akan menampilkan info yang anda inginkan. Kok bisa? Yup, aviate terintegrasi dengan Foursquare dan Google Place. Informasi di home screen bukanhanya sekedar icon dan wallpaper, tapi juga cuaca hari ini, kemacetan lalu lintas dan informasi yang tentunya sangat relevan dengan aktivitas anda.

Inilah era baru launcer dengan konsep Adapative. Adaptive ini bukan hanya sekedar mengelompokan ketiga kategori diatas, namun lebih dari itu, aplikasi tersebut akan ‘mempelajari’ kebiasan anda dan membuat informasi semakin relevan di kemudian hari. Intinya, Tampilan Aviate anda waktu pagi tentu berbeda dengan aviate di smartphone saya karena lokasi dan kebiasan kita berbeda, aplikasi yang ada dismartphone juga berbeda. Tidak heran, aviate walaupun baru dirilis secara terbatas, sudah mempunyai lebih dari 500.000 user.

Era Adaptive software

Era adaptive software/website memang sedang berkembang saat ini. Aplikasi yang tampilannya sama untuk setiap orang sudah tidak relevan. Contoh tampilan adaptive adalah Google search. Jika anda mencari kata kunci “Jogja” dan saya mencari dengan kata kunci yang sama hasilnya pasti akan berbeda. Google memperhatikan lokasi dan history pencarian kita sehingga bisa menampilkan hasil yang paling relevan. Location based service juga sudah menjadi bagian dari Adaptive app/service terutama di layanan seperti check in dan aplikasi traveling. Saat anda mencari “Hotel” dan posisi anda di Yogyakarta, maka Google hanya akan menampilkan Hotel di Yogyakarta saja. Itulah adaptive, termasuk dalam hal ini adalah Iklan adsense :).

Google sebenarnya juga sudah membuat interface adaptive di Android 4.1 dengan nama Google Now, sayangnya, aplikasi ini jarang dipakai, padahal google bisa menampilkan informasi yang kita butuhkan tanpa kita minta, contoh sederhana, anggaplah anda adalah fan Barcelona, kalau anda memakai Google Now, maka saat  barcelona bertanding, atau ada pemain yang menciptakan score, informasinya langsung muncul di homescreen.

Sayangnya, Aviate saat ini masih dalam fase ‘beta invite’ yang artinya, kamu tidak bisa mencoba aplikasi ini kalau tidak diundang. Untuk mendapatkan undangan, kamu harus mencari teman yang sudah memakai aplikasi ini. Fitur lain yang ada di launcher ini adalah collection. Aviate secara otomatis akan mengelompokan aplikasi berdasarkan kategori/manfaatnya. Jika anda ingin melihat seluruh aplikasi juga bisa dengan melihat halaman ‘ A-Z app’. Halaman aviate yang menampilkan aplikasi berdasarkan abjad.

untuk mendapatan invite, silahkan follow @aviate di twitter atau kunjungi websitenya di getaviate.com.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

6 thoughts on “Aviate: Launcher Adaptive di Android”

Tinggalin komentar dong!