CandraLab

IT Pro & Developer Resource

Menu Close

Apple perusahaan Inovatif, Yakin?

Apple perusahaan inovatif, Yakin loe? Dalam artikel ini Saya akan membahas kedalam dua garis besar, yaitu Samsung Vs Apple dan Teknologi “inovatif” Apple yang idenya diambil dari perusahaan atau layanan yang sudah ada.

Samsung Vs Apple

Samsung vs apple

Sejak perang tuntutan antara samsung dan Apple, saya makin benci dengan Apple. Mengapa? karena sejatinya, Apple bukan menuntut Samsung karena teknologi yang dipakai, tapi karena takut pasar smartphone yang didominasi iPhone akhirnya sekarang di gerogoti android. Intinya, apple ingin monopoli pasar smartphone. Ok, saya fans android, namun disini akan saya berikan fakta fakta yang bisa kamu telusuri sendiri agar tidak terkesan tulisan saya subjektif.

Apa sih yang dilanggar Samsung oleh apple (katanya!). setahu saya yang paling menonjol adalah rounded corner (tablet dengan sisi ujung tumpul) yang dipatenkan apple , lock screen plus ‘efek bounce back’ saat sorting data.  Ketiga hal tersebut bukanlah hal yang istimewa sebenarnya, tapi apple menuntut mati matian, bukan untuk mendapatkan ganti rugi dari Samsung, tapi berusaha menghentikan  penjualan tablet dan smartphone samsung dari pasar.

Oke lah kita anggap Samsung memang menjiplak apple, sekarang Samsung sudah mengubah seluruh desain yang berhubungan dengan paten apple. Paten-paten sampah yang tidak seharusnya didaftarkan di kantor paten.  Sekarang kalau apple memang menuntut Samsung karena melanggar paten  mari kita tengok beberapa desain dan produk cina yang 99% mirip iPhone.  sekarang coba cari di Google image dengan kata kunci “fake iphone from China . Ada berbagai macam produk smartphone dari cina yang mirip nya sampai 99%, tapi tidak terdengar tuntutan dari Apple.  Salah satu produknya adalah Goophone. Tampilan dan desain dari Goophone lebih dari 99% mirip iPhone, kenapa tidak ada tuntutan?

Apple tidak menuntut produsen cina karena memang pangsa pasar Goophone atau merek sejenis yang menjiplak apple tidak terlalu berpengaruh dengan pasar iPhone dunia. Bandingkan dengan deretan Galaxy Samsung yang mengobrak abrik pasar iPhone? Tentunya orang memilih Samsung bukan karena asal pilih, karena memang dari spesifikasi nya aja lebih bagus. Bagi fan apple, mungkin akan bertanya gini, ah masa, bagus kan subjektif ?  Hahaha, emang ente ga tau kalau komponen iPhone itu sebagian besar nyomot dari Samsung. Songong banget sih loe, dari Prosesor, memori, layar dan baterenya itu dari Samsung Oon. Get the FACT RIGHT!. Makanya jangan bangga banggain tuh apple yang sudah kena ulet.  Dah jelas sekarang, untungnya masyarakat makin pintar dan Samsung sudah merajai pasar smartphone. Saat ini yang terjadi, Apple dah kehabisan ide dan sahamnya anjlok dari 700USD perlembar menjadi 53o USD hanya dalam tempo 3 bulan, Mampus loe!

Ok, saya kira sudah jelas kenapa apple menuntut Samsung habis habisan, intinya mereka(Apple) ingin menguasai pasar smartphone, tapi untunglah sekarang yang terjadi justru sebaliknya, Orang makin cerdas dan memilih produk produk samsung. Sementara apple menjadi bahan Guyonan di internet dan mendapat reputasi buruk dari para pengguna gadget yang melek teknologi.

Produk dan layanan Apple inovatif, Yakin loh?

iCloud vs Dropbox

iCloud adalah layanan “inovatif” dari apple yang akan mensinkronkan data di iPhone, iPad dan iMac secara otomatis. Tidak ada yang namanya download upload manual, ketika kita mengetik dokumen di iPad, kita bisa melanjutkan ketikan tadi di iPhone dan data di iPad langsung ada di iPhone. Sayangnya iCloud itu ketinggalan kereta, Droboxlah yang menjadi pioner dibidang ini. Dropbox sudah hadir sejak tahun 2008, semantara iCloud baru ada juni 2011. Masih bilang iCloud inovatif? Inovatif dari HONGKONG!

iMessage Vs BBM 

Bagi pengguna BBM, anda anda ini patut bangga karena BBM ini di Jiplak apple dengan nama iMessage.  IMessage baru ada oktober 2011 sementara BBM sudah ada bertahun tahun yang lalu. Masih mau bilang apple inovatif?

Wireless Hotspot

Produk apa coba yang pertama kali menawarkan wireless Hotspot (wireless tethering)? Kalo anda jawab iPhone! anda SALAH BESAR. Fitur ini pertama kali ada di Android lalu secara diam diam di jiplak Apple di iOS versi 4.3. Apple tidak mempublikasikan ini secara besar besaran, karena nanti ketahuan Jiplak. Android froyo di rilis pertengahan 2010 sedangkan iOS versi 4.3 dirilis awal 2011. Masih mau bilang Apple inovatif? Herannya, Kenapa ga ada yang nuntut apple.

Panorama View

Panorama view di iOS 6 keren ya? Hahahha..sebagai pengguna android, saya ngakak luar biasa. iOS6 baru memperkenalkan fitur ini akhir 2012 sementara fitur ini ada di ICS sejak oktober 2011. Masing bilang Apple inovatif?

Teknologi lainnya? 

LTE, siapa  yang mendukung pertama kali? ANDROID Device. device berukuran empat inch,  siapa yang pertama kali berinovasi? Vendor Android. Tablet 7 inch siapa yang pertama kali berinovasi? Vendor Android. Peta di Smartphone, siapa yang pertama kali berinovasi? Nokia.  pertanyaannya? Apple inovatif darimana?  Silahkan jawab sendiri!