Aplikasi Baru di GingerBread

soundrecorder

Gingerbread merupakan OS Android yang paling populer saat ini, namun tidak setiap fan Android memakai  OS versi ini, sebagian masih menggunakan Froyo.Saya sendiri baru mengupgrade ke Gingerbread kemarin dengan menggunakan ROM Cynagenmod versi 7.  berikut ini adalah aplikasi bawaan baru yang ada di Gingerbread, aplikasi bawaan ini tidak semuanya resmi dari Google, namun sebagian ditambahkan oleh tim cyanogenmod.

Sound Recorder

Alat perekam suara standar, Saya sedikit heran, kok baru di versi 2.3 aplikasi ini baru disertakan.

 

DSP Manager

Dipakai untuk mengatur kualitas suara, termasuk efek Bass dan sejenisnya.

 

Car Mode

Mode Android untuk Mobil, sangat cocok saat bepergian dan menjadikan android sebagai penunjuk arah dengan Google maps dan Street View

 

Aplikasi lain adalah Terminal, superuser, Voice Dialer, Dev Tool, sparepart dan Download Manager. Terminal merupakan command prompt versi android, Voice dialler adalah fungsi dial dengan cara memanggil nama contact . Contoh ” Call Hayi” otomatis android akan memanggil no Handphone Hayi. . Download manager d pakai untuk mengatur file yang di download, di versi 2.2, Android lebih sering gagal mendownload file, terutama file yang formatnya tidak didukung oleh android itu sendiri.

Superuser, Dev tool dan sparepart sendiri tidak terlalu penting mengingat fitur ini ditujukan oleh developer. Selain fitur diatas, Google juga menambahkan dukungan terhadap bahasa dan karakter lain selain latin. Hal yang paling nampak adalah karakter bahasa Arab. Di versi 2.2, karakter arab tidak bisa ditampilkan  di android. sedangkan di Gingerbread, tampilan huruf arab tampil sempurna.

 

 

 

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!