Apa Yang di pelajari di Teknik Informatika?

cartoon96

Belum lama ini, ada salah satu thread di kaskus dengan judul yang cukup menarik tentang informatika. Judulnya adalah “kuliah jurusan komputer, maaf anda salah pilih“.  Inti tulisan itu adalah banyak lulusan komputer yang tidak bisa memprogram, bahkan kadang kalah dengan yang belajar otodidak. Keluhan lain di artikel itu adalah bahwa banyak lulusan IT yang tidak siap kerja. Si penulis artikel itu sendiri adalah orang yang belajar komputer secara otodidak yang akhirnya sukses menjadi programmer ahli walaupun tidak pernah mengenyam kuliah IT.

Dari artikel diatas, banyak yang pro dan kontra, sebagian lagi justru tambah galau terutama yang merasa salah jurusan di IT atau anak Sekolah yang ingin melanjutkan kuliah diperguruan tinggi. Saya baru menyadari kekuatan sebuah tulisan ternyata bisa mempengaruhi bahkan meracuni pikiran pembacanya. Dulu, saya juga pernah menulis artikel “mengapa sebaiknya anda tidak jadi programmer”, namun di artikel itu saya jelaskan kalau isinya hanya joke dan hiburan, walaupun tentu ada benarnya. Ternyata artikel bernada joke aja menimbulkan pro dan kontra, apalagi artikel diatas.

Artikel ini saya beri judul “apa yang dipelajari di jurusan TI” agar pembaca tahu bedanya belajar otodidak, belajar di tempat kursus dan belajar di kuliah. Dulu.  waktu saya mau masuk kuliahpun paman saya bilang ” Komputer bisa dipelajari sendiri/kursus, mending kamu masuk keguruan biar jadi guru (baca :PNS).” Namun, mengutip kata temen saya Ilham:” Jika memang komputer bisa dipelajari secara otodidak, kenapa masih ada jurusan komputer dari D3, S1,S2 bahkan S3?”. Pasti ada yang tidak bisa dipelajari sendiri disana.

Dalam artikel ini, saya akan meluruskan artikel kaskus diatas sehingga para pembaca tidak langsung panik atau merasa salah jurusan atau terbesit pikiran “Kalau komputer bisa dipelajari secara otodidak”. Yang perlu diperhatikan adalah “ilmu” cara memakai komputer  tidak sama dengan ilmu Komputer itu sendiri.  Untuk itu, saya akan bagi materi komputer menjadi 3 bagian yaitu materi Komputer literacy, materi kursus komputer dan materi di jurusan Teknik Informatika.

sebelum lebih jauh, kata ilmu komputer dan teknik informatika akan saya pakai secara bergantian untuk mengacu pada pembahasan yang sama. Jika dibahas lebih jauh, Teknik informatika dan ilmu komputer itu ada perbedaannya tapi untuk perkara ini tidak akan saya bahas panjang lebar.

materi komputer literacy

Komputer saat ini bukanlah barang mewah dan orang yang memakai komputer punt idak perlu harus kuliah atau kursus. Ilmu ilmu seperti bagaimana cara akses internet, cara memakai microsoft word dan cara Chat di Yahoo bukanlah ilmu komputer. Saya menyebut ilmu ini adalah “komputer literacy”. Di abad 21 ini, komputer literacy sama saja dengan “kemampuan membaca” di abad 20. Jadi memang sudah seharusnya setiap orang bisa memakai komputer, sama halnya setiap orang bisa membaca atau bisa naik motor.

Jika anda tidak kuliah atau anda kuliah di jurusan selain komputer, maka ilmu ilmu ini , termasuk berbagai macam buku yang bertebaran di toko buku itu bukan ilmu komputer. Catat sekali lagi, bukan Ilmu komputer, tapi lebih tepat disebut “ILmu cara memakai komputer”.  Ilmu ini bisa dipelajari sendiri secara otodidak atau ditempat kursus bagi yang benar benar awam.

materi kursus komputer

Materi kursus komputer, biasanya fokus ke satu skill, misalkan pemrograman visual basic, jaringan komputer atau desain grafis. Ilmu ini juga bisa dipelajari sendiri sebenarnya asal anda mempunyai kemampuan logika yang kuat. Materi kursus ini juga diajarkan di kuliah IT, tapi apa bedanya? Perbedaan mendasar adalah kursus hanya fokus pada “TODO” “Next” , “Habis ini, klik itu” . Lihat penekannya ada pada praktik. Orang yang kurus itu tidak memahami secara mendalam tentang apa itu variabel, mengapa ada integer ada float. Apa itu overflow, stack atau heap, itu semua tidak anda pelajari di kursus. Maka kekurangan paling nampak dari orang yang hanya kursus, dia mengetahui ilmu itu hanya dari satu sudut pandang. Efek sampingnya, dia akan kesulitan ketika diberi kasus yang berbeda atau disuruh membuat program dengan bahasa yang berbeda.

Kursus sangat cocok untuk orang yang mengejar ” cara cepat bisa Aplikasi FOO” secara “Mie instant”. Artinya anda memang bisa memahami ilmu itu, tapi tidak mendalam. Sekali lagi tidak mendalam. Kekurangna lain dari kursus adalah materi yang bersifat praktis, tidak terurut dan tidak mementingkan konsep.

Materi di Jurusan Teknik informatika

Jurusan teknik informatika, mempelajari ilmu yang bersifat teknik dan mendasar. Sebagai contoh Perancangan prosesor, Rancangan sistem operasi, Sistem berkas, compiler desain, computer vision Semantic Web  serta topik lain secara mendalam dan terurut. Bagi yang merasa tidak perlu kuliah dan mampu belajar sendiri silahkan baca buku -buku berikut:

  1. Advanced Compiler design oleh  Steven S mucnick 
  2. Digital Design and Computer Architecture oleh David haris
  3. Computer Vision: Models, Learning, and Inference by Dr Simon
  4. Artifical intelegence:Modern aproach by  Stuart Russell dan peter norvig
  5. dan ratusan topik Komputer lain

Jika anda  tanpa kuliah, hanya belajar otodidak  bisa memahami buku buku diatas, anda bisa paham, maka saya sepakat dengan anda bahwa kuliah TI itu tidak perlu, nyatanya, baru baca judulnya aja sudah mabok kan? .  Yang perlu anda tahu, Hanya karena anda bisa belajar hacking dan coding otodidak bukan berarti anda sudah menguasai ilmu komputer. Ilmu hacking dan programming itu hanya kurang dari 10% dari ilmu komputer yang sebenarnya. ini yang perlu ditanamkan dan dipahami. Jika anda ingin tahu luasnya ilmu komputer, silahkan buka http://ocw.mit.edu/courses/electrical-engineering-and-computer-science/

Link diatas adalah link kuliah  gratis tentang ilmu komputer dari MIT, salah satu universitas terbaik didunia. Jika anda paham 10% saja dari yang dibahas, saya bisa sepakat dengan anda bahwa kuliah komputer/IT itu tidak perlu.

Link tambahan jika anda penasaran tentang materi ilmu komputer /teknik informatika :

http://en.wikipedia.org/wiki/Outline_of_computer_science

Tapi, Ilmu (kuliah)   tidak dipakai di dunia kerja?

jawabanya, pasti dipakai baik langsung ataupun tidak langsung. Banyak mahasiswa yang lulus dan sukses jadi programer atau ahli security akan merendahkan kampusnya sendiri dan sombong dengan mengatakan :” saya tahu seperti ini belajar sendiri kok, ilmu dikampus teori semua”. Termasuk saya dulu juga berpikir seperti itu. Tapi coba kita telisik lebih jauh,  Orang yang jago jadi programmer, waku kuliah, dari mana anda diperkenalkan konsep algoritma? yang udah jago Oracle dan jadi sysadmin , siapa yang mengenalkan konsep database? Yang sudah ahli di jaringan, Siapa yang amengajarkan ilmu TCP/IP dan osi?

Sekarang mari kita lihat ilmu kuliah yang paling abstract bagi para mahasiswa TI semester awal. Ilmu itu bernama “Struktur data”. Ilmu ini seakan akan tidak pernah dipakai, padahal hampir semua program yang dipakai dikomputernya memakai teori “struktur data” . Kita lihat contoh realnya “:Saat anda membuka excel, apa konsep penting di struktur data  yang dipakai, jawabanya :”Array dan Matrix”.  Saat kita membuka Windows explorer, apa structur data yang dipakai?” Jawabannya :”TREE”. Saat kita memakai Google map untuk mencari jalur perjalanan , apa teori yang dipakai :” GRAPH”.   Ilmu ilmu itu tidak akan pernah diajarkan di kursus, ilmu itu hanya diajarkan di kampus. Sayangnya, dosen yang mengajarkan materi ini juga jarang yang memberi contoh real sehingga seakan akan tidak bermanfaat.

Janganlah kita sombong merasa ilmu kuliah  idak diperlukan, rasa rasanya , dosen dosen itu tidak memberi manfaat apapun, padahal tanpa mereka mahasiswa yang katanya belajar otodidak  tidak akan behasil, berkat kuliah dari dosen itulah ilmu pondasi kita menjadi matang, itu yang jarang di disadari mahasiswa atau alumni.

Kalau anda kerjanya jadi tukang ketik ya jelas ilmu komputer tidak dipakai. Bayangkan anda membangun sistem yang besar misalkan Bank, Sistem kendali pabrik, menjadi peneliti, membuat robot dan sebagainya maka saya jamin 100% ilmu teori yang dulu didapat pasti dipakai.

Lulusan TI merasa tidak perlu ilmu TI ketika sudah lulus karena apa? ya karena mereka kerja diluar jalur, misal jadi teller bank, jadi juru ketik atau jadi petugas entri data bahkan ada yang banting setir dibidang yang sama sekali tidak berhubungan dengan komputer.

Ga kuliah/drop out kuliah  komputer, juga bisa sukses?

ini adalah pola pikir yang perlu dibrantas, untuk jelasnya silahkan baca artikel “Drop out kuliah lalu sukses, yakin lo?” . Inti dari tulisan itu, orang yang sering dijadikan contoh dropout lalu sukses seperti bill gate itu bukan Orang bodoh bro.Sayangnya buku buku tentang drop out sukses itu menakankan pada DROP OUT nya, bukan pada ALASAN dibalik drop out . Si bill gate ini  otaknya kelewat jenius, dia bisa membuat Bahasa pemrograman, sekali lagi CATET MEMBUAT BAHASA PEMROGRAMAN  Basic yang dia jual bahkan sebelum lulus kuliah. Karena bisnis menjual bahasa pemrograman cukup sukses, akhirnya dia memutuskan untuk dropout. Sama juga dengan Mark zukerberg, steve job dan lainnya.

Pola pikir drop out bisa sukses itu harus dibuang jauh jauh bro. Hanya karena beberapa orang sukses saat drop out, bukan berarti tanpa sekolah/kuliah kamu juga bisa mengalami sukses yang sama. Contoh bodohnya , jika di lamaran pekerjaan di butuhkan S1 teknik informatika, tapi anda Drop out, apa anda bisa melamar di lowongan itu? Jelas tidak! Sekali lagi, jangan cuman baca buku motivasi yang cuma menjual mimpi kosong.

Ingin Ahli IT?  Hindari buku ” 10 jam mahir belajar FOO!”. 

Peter Norvig, direktur penelitian di Google menulis artikel dengan judul “Teach Yourself Programming in Ten Years” yang merupakan bentuk kekesalannya karena banyakny buku dengan judul “Teach your selft bla bla bla in 10 hours” atau kalau di indonesiakan menjadi ” Mahir ilmu FOO dalam 10 jam” atau judul sejenis. Tentunya kata FOO(L)  bisa anda ganti sendiri dengan topik topik komputer yang seakan akan gampang.  Topik sejenis adalah “FOO(L) for dummies”. Buku inilah yang membuat seakan akan ilmu komputer itu ilmu yang cetek, semuanya bisa belajar dan bisa ditempuh dalam hitungan hari. Pemikirin paling TOLOL yang pernah saya baca sejauh ini.”

cartoon96

Buku buku diatas adalah buku sampah karena menggampangkan perkara yang tidak gampang. Ambilah contoh :” Menjadi hacker dalam waktu 3 hari” atau ” Mahir pemrograman visual basic dalam waktu 10 jam”. Apa yang bisa kita dapat dari 10 jam belajar ilmu pemrograman. Paling paling anda tahu syntax bahasa pemrograman, copas code dan runing code.

Sekarang, bagaimana orang orang model belagu yang mengatakan bisa belajar komputer secara otodidak disuruh buat seperti ini:

bagi yang belajar otodidak, paham ga dengan perintah si anjing hackles?
bagi yang belajar otodidak, paham ga dengan perintah si anjing hackles?

” Buatlahlah kelas abstract untuk penyimpanan dan pencarian object serial dengan teknik self adjusing binary tree!” 

Saya yakin dia tidak tahu sama sekali apa yang diperintahkan, coba perintah diatas berikan ke programer otodidak, paham ga? Ilmu seperti diatas hanya bisa dipelajari di kuliah, banyak materi dasar yang harus dikuasai sebelum menjadi “Real programer”, bukan programer kopas.  Untuk memahami perintah diatas saja kita minimal harus memahami OOAD (object oreinted analitic and desain),  OOP (object oriented programing) , Algoritma pemrograman,struktur data dan  bahasa pemrograman java.

Sekdar tambahan, Seorang disebut ahli kalau sudah berkecimpung dibidangnya minimal 10 tahun, jadi kalau baru lulus dan baru 2 tahun bekerja, itu masih “Junior level”, kalau sudah mencapai “4-5tahun” Masuk level” Senior level” dan kalau diatas 10 tahun baru disebut “expert”.

Kesimpulan

Jika anda ingin tahu cara memakai komputer dan internet, cukup beli buku “cara memakai komputer” dan anda bisa belajar otodidak. Jika anda ingin mengerti atau menguasai skill tertentu di bidang komputer (semisal jaringan atau desain) cukup kursus. Namun jika anda ingin benar benar mengerti dunia komputer dan ilmu komputer luar dalam sampai ke akar akarnya , tidak ada jalan lain selain Kuliah komputer. Dari sini, andalah yang paling tahu kebutuhan anda.

Mengatakan belajar ilmu komputer bisa dengan otodidak sama saja anda mengatakan bisa membangun gedung pencakar langit hanya dengan membaca buku arsitektur . Sama juga anda mengatakan, anda bisa jadi dokter spesialis hanya dengan otodidak dan membaca buku ilmu kedokteran”.

Satu lagi, hanya karena anda bisa membuat aplikasi Hotel yang dipakai diberbagai hotel, bukan berarti anda sudah mungasai ilmu komputer. Anda baru menguasai secuil ilmu komputer bernama “SISTEM INFORMASI”  jelas kan sekarang?

Sebagai penutup, kuasailah Logika/Matematika dan Bahasa inggris karena dua hal ini yang menjadi basis keilmuan dari Teknik Informatika, Jika anda ingin fokus ke embeded sistem maka kuasai juga fisika terutama masalah listrik dan elektronik.

Jika anda Ingin melihat Daftar Matakuliah Jurusan Teknik Informatika dan Penjelasannya anda bisa melanjutkan membaca Artikel dengan Judul “Mengenal Mata Kuliah Jurusan Teknik Informatika” Semoga Bermanfaat!

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

106 thoughts on “Apa Yang di pelajari di Teknik Informatika?”

  1. Om saya mau nanya, saya pgn perdalam tentang jaringan, dan terdorong pgn jadi seorang system analisis. kira-kira itu masuk jurusan apa yha, mohon pencerahanya. makasih (well artikel yang luar biasa)

  2. Dulu saya berfikir ngapain kuliah it , toh semua orang juga bisa menggunakan komputer
    Ternyata setelah saya dalami IT , saya malah penasaran dengan ilmu ini
    Saya belajar It untuk bisa masuk dunia kepolisian (sipss)

  3. Mantap artikelnya gan , lanjutkan .. Ada tips materi matematika yang penting untuk jurusan IT ga ? Kalo ada tolong buat artikelnya gan

  4. Alhamdulillah terima kasih mas pencerahannya. Saya pernah kuliah jurusan TI cuma 4 semester, karna yg saya mau belajar gimana caranya mengatasi masalah error pada komputer kyk operator ditempat kerja gitu tp malah belajar desain grafis yg mana itu bukan ahli saya. insya Allah saya mau lanjut kuliah lg, karna saya sangat ingin paham ilmu komputer. Apalagi setelah baca tulisan mas Candra. Jadi tambah semangat dan kuat pilih jurusan TI.

  5. Pak saya ingin bertanya, mohon di jawab. Saya mahasiswa baru tahun ini di jurusan teknik informatika, saya ingin sekali mendalmi ilmu komputer, tapi saya baru tau setelah baca tulisan bapak bahwa anak TI harus pandai matematika sama b.inggris sedangkan saya susah nangkap untuk pelajaran matematika, saya bukan tidak suka tapi memang sulit untuk mempelajari matematika. Apakah saya sudah berada dijalan yang salah? Terus apa yang akan terjadi dengan saya pak. Terimakasih

  6. Saya orang awam akan TI..
    waktu duduk di bangku smk swasta saya sering tidak masuk kelas dan tertinggal pelajaran.. .
    setelah lulus saya kerja dari
    tukang parkir,,cleaning servis,,office boy,, karena masalah “ekonomi dan keluarga” ,, saya belum bisa lanjut ke tingkat perguruan tinggi..
    Sekarang saya baru menyadari
    betapa pentingnya ilmu dan title
    ( titel / apalah tuhh )terlebih syarat2 yg di berikan perusahaan2 yg “menjanjikan” lapangan pekerjaan adalah sarjana/S1.
    Apakah layak bagi saya yg hanya dengan modal semangat & uang recehan melanjutkan ke perguruan tinggi tapi boddoh matematika.. .
    tollol akan bahasa Inggris!
    Masuk TI .
    Tolong beri masukan dong.. please.. .

  7. Awal say baca ini agak takut kalo saya salah pilih jurusan?,tapi eh lama lama ada motivasi motivasi yang membuat hati membara haha makasih loh tulisannya sangat bermanfaat untuk saya,ntah kalo buat orang lain,,,.habis itu saya baca bionya lulusan STMIK AMIKOM, kan greget makin semangat lagi secara gitu lo saya kan maba amikom haha

  8. pak saya mau naya,, saya ini lulusan smk multimedia saya mau lanjut kuliah tapi masih bingung mau ambil TI atau SI,, saya suka bhs inggris tapi matematika saya pas-pasan,, saya alkhamdulillah ugl di logika,, dan hobi saya menggambar jadi saya harus ambil jurusan apa ya,, mohon bantuannya,, terimakasih

  9. waaaaah kayaknya pas bangeeet ama diriku, dah master tapi kayaknya puyeng kalo daaah ngebahas program komputer……mumet ama kerjaaan….hikhikhikhik, makaci yo buat peringatannya

  10. mantap pak artikelnya ! saya setuju banget sama buku yang pintar 3jam jago 3 jam blablabla padahal buat belajar programming 1 hari aja cuma dapet dikit doang materinya blm lagi kalo buat pemula yang harus mahami logika dari si program yang ditulis di buku tersebut, mending beli buku yang tebel2 deh

  11. thanks. kakak , gua jadi masuk kuliah berkat baca artiker ini , tadi sih gua agak ragu
    tapi. sekarang SEMANGAT

  12. terima kasih atas artikelnya ini sangat membantu sekali bagi saya yang ingin mengambil jurusan TI. saya ingin bertanya, hal yang harus dipersiapkan untuk masuk jurusan TI selain matematika dan bahsa inggris agar lebih siap saat kuliah nanti? saya mnon bimbinganya.

  13. Jujur artikel ini sangat bermanfaat sekali untuk saya selaku mahasiswa baru IT, artikel ini membuka wawasan saya tentang IT tersebut, dan lagi anda menambahkan link link buku yg sangat bermanfaat untuk saya. Terimakasih

  14. Rambut boleh sama itam, isi kepala yang ngebedain, asal ada keinginan dan kemauan gag ada yg mustahil seperti halnya saya lulusan sd doang hanya otodidak gak parah bego amat, jadi bukan berarti otodidak gak bakal ngerti semuaya tergantung isi kepala orang itu sendiri bagi saya. 

  15. thanks gan …ayo yang mau jadi MASTER KOMPUTER tanpa harus kuliah?? buruan gabung di kursus komputer via online sangat flexible loch peserta bisa belajar di mana saja kapan saja tanpa harus datng ke tempat kursus …

  16. Permisi pak,saya mau naya,memang kalo syarat agar bisa kerja di programming kantoran harus kudu wajib mahir php mysqli atau tidak?

    Lalu kriteria yang bagaimana agar bisa menjadi seorang programmer?

    Mohon infonya dari pak bapak chandra

  17. pak saya engga terlalu bisa bahasa inggris,gimana itu pak? pak chandra tolong jelaasin gimana nanti pas masuk pertama apa langkah pertama yang dipelajari? #terimakasih

  18. Saya kuliah baru semester dua ngambil jurusan Teknik Infotmatika, saya bingung pas mau ngambil konsentrasi di semester tiga, konsentrasi apa yg harus saya ambil progremmer atau multimedia. mohon dong bantu solusinya.??

  19. misi,saya sekolah smk jurusan teknik komputer dan jaringan saya tertarik pada jaringan, menurut saya menjadi progamer itu susah,jadi jika saya ingin kuliah bagian jaringan itu apa ya?

  20. mas,,, gg papa kan klo qta yg skolhx MA ,, msuk IT,, soalx bxk org blg “klo mwmasuk IT, kmaren knpa gg skalian msuk SMK ajja,,” tpi krna ibu mwx msuk MA,,,mohon solusix byar smangat gg drop

    1. pak klau misal yg disukain bahasa inggri doang mtknya gk terlalu gmna ya pak -__- paling gk suka mtk

  21. mass saya mau nanya nih di dalam tehnik informatika itu apakah ada pelaran seperti matematika atau bahasa inggris yang harus di dalamin ga..saya takutnya pelajaran tersebut nanti telalu mengangu perkuliahan saya yang fokusnya ke satu titik saja bisa melenceng kelain… misalkan pelajaran tersebut hanya untuk sementara saja misalkan sepeti mecahkan logaritma atau code biner dll…sekian dari saya terimakasih

  22. lah klo kaya saya yang masih smk kls 1, saya ingin mendalami ilmu komputer gimana mas
    dan maunanya bedanya multimedia sama IT apa sih mas

    1. kalau jurusan multimedia itu desain grafik mas … saya belajar smk jurusan multimedia ngebahas seperti photoshop, corel draw, adobe after efek, adobe premier, dll

  23. Lebih Enak kan Kuliah di IT + belajar otodidak….. klo kursus ma kebelakang aja (sekedar sertifikat doank)……
    karena Dosen tidak 100% memberikan semua materi…yang lainnya kita berjuang sendiri/belajar otodidak….na intinya kita sudah tau dasar2x (klo pada program ea sudah tau penempatan class,method, attribud,dll)…….

    Kenapa Kursus kebelakang saja ^_^ dari pada kita yang ikut kursus kenapa setelah sukses di dunia IT kita yg buka tempat kursus

  24. mas,,, saya mau tanyak,,,,saya ada rencana mau S2,,tapi saya binggung mau milih kesentrasi apa pada jurusan IT. saya sebelumnya S1 teknik elektro arus kuat

  25. Saat ini saya bekerja sebagai programmer, terhitung dua tahun lebih saya menggelutinya, dari berbagai jenis bahasa juga sudah pernah saya masuki, dari berbagai platform juga sudah saya geluti,,
    Well saya memang belum kuliah (bukan tidak kuliah) karena setelah lulus smk saya mengalami masalah ekonomi.
    Saya sangat setuju dengan bagian ada hal yang tidak bisa kita dapatkan di luar kuliah.
    Dan satu hal lagi yang membuat saya ingin sekali kuliah adalah semakin banyak pemrograman yang saya pelajari saya merasa semakin bodoh.

  26. Sangat menarik untuk di baca.. Karena otodidak juga kadang materi yang d dapat tidak terkonsep dengan baik.. Seakan akan asal.jadi… Jadi pendidikan secara formal diperlukan.. Tinggal kitanya yang mengembangkan d luar

  27. saat ini saya sedang menempuh kuliah dijurusan TI semester 4. cukup tergelitik sih baca nih artikel. soalnya saya jg sempat galau krn dibangku kuliah banyak teorinya dan benar yg anda katakan bahwa “dosen yang mengajarkan materi jarang yang memberi contoh real sehingga seakan akan tidak bermanfaat” itu benar-benar saya rasakan. tp artikel ini sudah membuka mindset saya selama ini.

    1. Pertama, harus lulus SMA ato SMK supaya bs dapet ijazah lulus SMA slnjutnya tinggal mdftar di universitas yang ada jurusan IT-nya, bayar biaya pendaftaran buat ujian masuk jurusannya, ikuti ujiannya – jangan lupa rajin belajar dan banyak berdoa. Kalo nilai ujian masuk Anda memenuhi standar nilai yang ditetapkan jurusan IT di universitas tsb, yakin saya kamu bisa diterima di jurusan IT yang Anda incar itu.

  28. Good articel..
    Pak Candra, saya ingin bertanya perbedaan jurusan di bidang Teknik Informatika dan Manejemen Informatika apa yah??
    Thanks

    1. untuk jurusan TI, fisika tidak terllau penting, kecuali kamu masuk ke teknik komputer, perangkat keras atau elektronik atau embeded system

  29. “Jika anda tidak suka dengan Matematika, fisika dan bahasa inggris” JANGAN SEKALI KALI MASUK Teknik informatika atau ILMU KOMPUTER”

    kalau matematika ya lumayanlah.. tapi fisika…
    serius gan fisika juga? tapi saya pernah membaca kalau fisika itu gak dipelajari TI. tapi bukan berarti saya pilih TI karna ingin melarikan diri dari Fisika. terus gan kalau masalah coding dll itu pasti diajarin dari dasar? soalnya ane belum bisa sama sekali, tapi tertarik mau di TI

    1. yang penting matematika, fisika itu kalo anda masuk teknikkomputer… atau anda masuk konsentrasi elektro atau robotika, kalo larinya ke software engingering atau web/mobile ga masalah fisika ga suka juga ga apa apa

  30. Gokil tulisannya gan! Ini yang harus dibaca sama anak2 jaman sekarang yang suka mengatakan “ah itu mah otodidak/kursus juga bisa” ijin share tulisannya ya gan :))

  31. saya mau tanya, saya mau kuliah tapi masih bingung. saya ingin masuk network, dan saya tidak suka dengan desain web, menurut anda saya harus masuk jurusan apa? terimakasih

    1. ya masuk aja ke network..masalah nanti ada web kan di akhir kuliah ada yang namanya konsentrasi.
      mungkin sama2 jaringan ada yang fokus ke web, ke server atau mungkin sekaran gcloud compuitng
      macam macam lah… tapi intinya fokus ke network walau mau ga mau ketemu web juga

    2. Saya sudah bekerja dan sekarang ada keinginan kuliah di informatika karena saya tertarik dan ingin tahu mendalam tentang it , masalahnya masih belum memahami dasar dasar komputer. #masuknya mas candra

  32. saya masi bingung TI dan belum mengerti apa-apa dengan TI saya anak IPS kelas 10, langkah apa yang bagus untuk membangun pengetahuan saya tentang TI ? dan saya masi bingung, di sekolah saya tidak ada penerapan tentang ilmu komputer nah sebaiknya langkah apa yang harus saya ambil untuk menghadapi universitas yang di dalamnya berisi ilmu komputer ? #mohonbantuannya

  33. sorry gan ni ane baru baca,, ane baru mau masuk kulia, rencana nya si mau masuk informatika, n ane kpengen bnget kulia di jurusan informatika, tapi ane langsung patah semangat, apakah bener jika gak suka matematika,fisika,dan bahasa inggris jgn masuk ke informatika,,, tlong dong biar semangat ane balik lagi,,, thankss..

    1. ada kemauan, ada jalan. Kalau ga suka ya dipelajarin pelan-pelan, pasti bisa kok. Yang penting ada niatan ‘bisa’ dan ‘suka’, pasti Tuhan ngasih jalan. Jangan patah semangat ya :)

  34. sorry gan ni ane baru baca,, ane baru mau masuk kulia, rencana nya si mau masuk informatika, n ane kpengen bnget kulia di jurusan informatika, tapi ane langsung patah semangat, apakah bener jika gak suka matematika,fisika,dan bahasa inggir jgn masuk ke informatika,,, tlong dong bir semangat ane balik lagi,,, thankss

  35. tulisan yang sangat bagus,, setelah baca ini ternyata ilmu komputer itu sangat luas mungkin saya hanya menguasi seberapa persennya saja, tulisan yang sangat inspiratif sekali dan sangat mendorong saya untuk terus belajar di ilmu TI ini, walaupun sudah lulus kuliah

  36. katanya
    Jika anda tidak suka dengan Matematika, fisika dan bahasa inggris”
    JANGAN SEKALI KALI MASUK Teknik informatika atau ILMU KOMPUTER

    dan aku paling gx bisa tu bahasa ingris. apa masih ada kesempatan aku tuk masuk it

  37. Apa yang membuat orang gagal mengerjakan pekerjaannya, yang mana pernah ia pelajari sewaktu di bangku kuliah?”

    Dibagian mana ilmu IT yang benar2 berat atau sangat sulit bagi seorang mahasiswa?”

    Apa yang membuat stress seorang mahasiswa dalam jurusan IT, jika sudah terlanjur memilih jurusan ini?”

    Mahalkah cost untuk kuliah IT?”

    Berapa lamakah waktu ditempuh hingga wisuda?”

    Saya ingin belajar IT tetapi ada sedikit ketakutan jika tidak bisa memahaminya, karena bahasa computer yang terbilang sangat tinggi dan membingungkan bagi saya.

    Sebelum saya salah memilih jurusan, adakah sedikit advice untuk saya? Saya suka sekali computer setiap hari saya menggunakannya tetapi hanya untuk have fun aja seperti browsing, chat, etc.

  38. Saya rasa anda terlalu mendeskritkan para DO, secera psikis mereka lebih kepepet dari anda, dia akan melakukan apa aja bahkan yang diluar nalar orang lulusan univeraitas untuk sukses. Contoh anda tentang lamaran kerja bidang informatika diperusahaan A ijazah sang DO ditolak, bitch please! Anak DO g berpikir seperti yang anda pikir, kalau g ada jalannya ya mereka buat jalan mereka sendiri.

  39. kayaknya sya pernah baca orang yg nulis kalau kuliah ilmu komputer ga perlu yg di kompasiana…………………..
    tapi sya setuju 1000%, kuliah pasti lebih baik

  40. Betul sekali apa yang anda paparkan.. menurut pendapat saya boleh lah ingin mendalami secara otodidak namun agar lebih berkembang ilmu otodidaknya haruslah ditambah dengan ilmu dari kuliahnya. Sehingga bisa saling melengkapi satu sama lain.

    1. Yang buat artikel nya ga guna
      Ga semua kursus di materi nya di pelajarin
      Kuliah IT emang harus kuat logika dan hitung hitungan
      Yang pak candra bilang tadi rata rata semua lulusan IT tidak bisa mengoding
      Itu karna kuliah nya percuma percuma

Tinggalin komentar dong!