Android Jelly Bean vs iOS 6

pXUsV

Sebelumnya telah dibahas tentang S3 vs iPhone5, sekarang mari kita lihat perbandingan mobile OS yang menjadi mesin utama Samsung Galaxy S3 dan iPhone 5. Agar artikel lebih singkat, akan saya buatkan perbandingan dalam bentuk tabel dan jika ada penjelasan tambahan akan saya tuliskan dibawah tabel.

No Nama feature Jellybean iOS 6
1 Cloud Storage Google Drive (5Gb) iCloud (5GB)
2 Personal assistant Google Now + Voice action(offline support) Siri
3 Market Google Play iTunes
4 Maps Google maps (street view,direction,indoor maps,Offline support) Apple maps(Fly Over,traffic,
5 Share /Transfer Data Bluetooth,Wifi,USB,NFC Bluetooth,Wifi,USB
6 Music Google Play Music iTunes Match
7 Browser Android Browser Mobile safari
8 eMail GMail Apple Mail
9 IM Google talk iMessage
10 Integrasi jejaring sosial Google+ Facebook,Twitter
11 Video Call Google+ hangout FaceTime
12 Office Google docs (Free) Apple office (pay)

Note

Cloud storage

Walaupun sama sama menawarkan Cloud storage sebesar 5Gb, namun iCloud langsung terintegrasi dengan aplikasi iOS. kesimpulannya iOS lebih bagus dari sisi sinkronisasi data.

Personal assistant

keduanya menawarkan personal assistant yang sama sama keren, hanya saja android sekarang sudah dibekali Google Now. Layanan di android yang akan memberikan informasi yang tepat diwaktu yang tepat dan di lokasi yang tepat. Intinya Google now memberikan informasi bahkan saat anda belum memintanya. pengguna iOS harus bertanya terlebih dahulu sebelum mendapatkan informasi yang di inginkan

Jejaring social

Secara default, Android terintegrasi dengan Google+ sedangkan iOS terintegrasi dengan Facebook dan Twitter. Hal ini bukan berarti anda tidak bisa menikmati Google+ di iOS atau Facebook /Twitter di android. Integrasi disini artinya sudah ada sejak pertama kali anda membeli perangkat tersebut.

Video Call

Facetime di iOS tidak terbatas pada pengguna iOS saja, namun juga pengguna mac bisa saling terhubung dengan facetime. kekurangannya jelas hal ini adalah sistem tertutup, berbeda dengan Video call dari Google+ Hangout, anda bisa terhubung lewat Windows, Linux,Mac, Android dan hebatnya bisa berkomunikasi bersama sama (video call dengan 10 orang sekaligus).

Office

Google menawarkan Google docs secara free bahkan tersedia juga di platform lain termasuk iOS. sedangkan jika anda ingin menggunakan Aplikasi Office dari Apple anda harus membelinya secara terpisah.

Maps

Google maps sudah dikembangkan sejak tahun 2005, sedangkan apple baru mengembangkan satu tahun ini, tentunya Google maps menang dari segala sisi termasuk dukungan offline maps. Anda bisa tetap menggunakan Google maps tanpa harus terkoneksi internet.

Kesimpulan

jika dilihat secara umum, fitur Android jauh lebih banyak dibanding dengan iOS. Namun , tampilan dan UI dari iOS jauh lebih indah dan lebih userfriendly dari android. Suer!, walaupun saya fan android, saya harus mengakui kalau  designer apple jauh menawarkan hal yang lebih cantik untuk usernya. Mungkin karena hal itulah maka pengguna Apple sangat loyal dengan produk iPhone atau iPad ketimbang Android.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!