Android Device Manager:Find My Phone versi Android

Android Device Manager

Pernah ga anda lupa menaruh Smartphone android anda? Apakah di kamar tidur, di tas atau jangan jangan malah tertinggal di rumah teman? Atau mungkin anda pernah kehilangan Smartphone android dan anda mengiklaskannya namun anda tidak ingin data pribadi anda di terekspose atau disalahgunakan?

Apple adalah smartphone pertama yang menanamkan fitur ini di iPhone dengan nama aplikasi Find My iPhone. Sekarang, Android juga mempunyai fitur ini. Google menambahkan fitur ini bukan hanya di Android Jellybean riis baru, bahkan smartphone jadul versi froyo (2.2) bisa menikmati fitur ini.

Caranya mengaktifkannya?

Anda tidak perlu mendownload aplikasinya karena Google secara otomatis menambahkan fitur ini ke android anda dengan syarat android anda versi 2.2 (Froyo) keatas yang hampir dipastikan lebih dari 90% smartphone android menggunakan versi 2.2 keatas. Cara ini mirip dengan perubahan Android Market ke Google play, semuanya otomatis dan fitur tersebut muncul secara Magic.

Untuk mengecek apakah fitur ini sudah tersedia masuk ke Menu Setting-> Location and Security -> Device Administration. 

Jika sudah ada menu “pengelola perangkat Android” atau “Android Device Manager” terpasang, artinya anda sudah bisa memakai fitur ini.

Android Device Manager
Android Device Manager

Agar Fitur ini bisa berjalan, ada 3 syarat tambahan yaitu

  1. Paket data/GPRS/3G harus aktif
  2. GPS harus diaktifkan (untuk fitur deteksi lokasi)
  3. smartphone dalam posisi hidup

Apa saja fiturnya

Fitur dari Android Device Manager saat ini ada 3 dan saya yakin kedepannya fiturnya makin banyak. Berikut ini fiturnya

1. Membuat telepon berdering (ring device). Walapun anda mensilent android anda, Andorid device manager (ADM) tetap bisa menghidupkan telepon anda. Fitur ini sangat cocok jika HP anda ‘ketlingsut’ di Rumah dan anda lupa meletakan dimana.

2. Peta, Sangat cocok dipakai untuk mendeteksi HP yang dicuri atau ketinggal di bis, tempat wisata atau di rumah teman. Fitur ini memanfaatkan Google map sehingga detail tidaknya lokasi Handphone tergantung Google map dan Fitur GPS di smarphone android anda.

3. Erase Data , Fitur ini disebut juga Factory Reset. Jika anda sudah yakin gadget dicuri dan tidak mungkin ditemukan, maka erase data secara otomatis akan menghapus data pribadi anda seperti contact, foto dan seting email anda yang ada di gadget anda. Cara ini merupakan cara terakhir yang bisa dilakukan. Bahasa sederhananya, ok deh hp hilang, yang penting data saya tidak disalahgunakan.

Cara Memakai

Tampilan android manager
Tampilan android manager

Untuk memanfaatkan fitur ini, silahkan login ke Gmail, lalu buka halamana pengelolaan Android device manager di  https://www.google.com/android/devicemanager?u=0

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

1 thought on “Android Device Manager:Find My Phone versi Android”

Tinggalin komentar dong!