Akses internet di Konsole Linux

Tampilan website yan dibuka dengan Elinks

Internet identik dengan dunia GUI seperti Browser, download manager atau Chat. Tidak heran banyak yang mengira kalau kita menggunakan linux di konsole, kita tidak bisa akses internet. Misal, kalau mau browsing di konsole emang bisa? pake apa? terus download filenya gimana? dst.

Langsung saja, dalam artikel ini akan saya tunjukan beberapa program yang bisa kamu pakai saat menggunakan Command line. Jika anda mengelola server, program dibawah ini akan sangat membantu. Pemakai debian atau ubuntu bisa menginstall program dengan cara apt-get install namaprogrm

Browser Elinks

Elinks adalah browser yang bisa berjalan di konsole. Kelebihannya, Elinks mendukung warna, tersedia dalam berbagai bahasa, tersedia download manager , proxy, multitab, dukungan HTML table dan Frame serta mendukung CSS dan javascript. Hah, keknya biasa aja? ga juga, Elinks adalah browser text terbaik di Linux, selain elinks ada juga browser bernama Lynx. browser ini tidak mendukung download manager, Frame dan table. Elinks sendiri merupakan turunan dari browser links. Perbedaannya elinks sudah di jejali fitur canggih.

Tampilan website yan dibuka dengan Elinks
Tampilan website yan dibuka dengan Elinks

Download dengan WGET

Wget adalah download manager paling canggih di Linux. Wget bisa mendownload seluruh isi website seperti teleport dan bisa meresume download manager yang terputus seperti IDM. Wget secara default sudah terinstall di Linux, silahkan coba saja sendiri.

Wget sedang mendownload file
Wget sedang mendownload file

Pine Email CLient

Kalau di GUI ada Mozilla Thunderbird atau Outlook, di konsole ada Pine. Pine adalah email client yang tidak kalah canggih dibanding email client GUI. Walaupun jalan di teks, Pine sudah mendukung attachment.

Pine email client
Pine email client

Chat dengan ircII

masih hoby Chat di mIRC? di konsole linux ada ircII, program ini merupakan nenek moyang dari semua program iRC client yang ada di internet. ircII sudah ada sejak era 80-an, jauh sebelum ada web dan kemungkinan anda sendiri belum lahir.

IrCII, irc client yang berjalan di konsole linux
IrCII, irc client yang berjalan di konsole linux

Internet sudah ada sejak era 80-an sedangkan web baru ada awal 90-an, jika ingin bernostalgia dan menikmati masa awal internet, silahkan coba program diatas.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!