Berikut ini adalah penjelasan interface dari  Eclipse ADT. Perhatikan nomor dan penjelasan dibawah gambar.

Layar  eclipse

Layar eclipse, klik untuk melihat gambar lebih detail

Penjelasan Gambar

1.Package Explorer

Berisi struktur direktori proyek android. dengan package Explorer, kita bisa mengedit atau mengcopy code antar proyek dengan mudah. Saran saat programing, bukalah satu proyek satu saat, karena makin banyak proyek yang terbuka, makin lambat eclipsenya.

2 Workspace

Area kerja utama, tampilan ini berubah ubah sesuai kebutuhan. Tampilan diatas adalah worksppace yang berisi kode editor untuk java.

GUI Desainer

Layout editor

Layout editor

Layout ini juga masih masuk kedalam workspace, perbedaannya, ini adalah mode Drag and drop untuk programing android.  Lihat bagian bawah, ada dua tab yaitu Graphical Layout dan  XML layout (activity_main.xml).

Walaupun Android mempunyai Graphical layout, kebanyakan programmer dan tutorial lebih memelih menggunakan XML layout karena lebih cepat (gampang memberi petunjuk karena tinggal kopas code).

Manifest Editor

Manifest Editor

Manifest Editor

Manifest editor dipakai untuk megedit “properties” dari Proyek semisal versi android target, SDK yang digunakan, daftar Activity yang terdaftar dan sebagainya. Saya sarankan selalu gunakan mode XML. pada gambar di atas,mode XML adalah tab AndroidManifest.xml.

3. Outline

berisi ringkasan struktur  fungsi dan class pada code yang sedang aktif di edit, biasakan melihat outline untuk melihat gambaran umum sebuah kelas. Outline ini adalah implementasi   diagram kelas di UML.

Anda bisa cepat berpindah antar fungsi hanya dengan mengklik fungsi di outline, bermanfaat untuk berpindah antar fungsi pada class yang panjang.

4. Console

Console di pakai untuk menampilkan error code, serta proses yang terjadi saat debuging aplikasi. Bagian ini juga ada Logcat. Logcat menampilkan dan memonitor  informasi secara detail pada aplikasi yang sedang berjalan. Pembahasan Logcat akan saya jelaskan secara terpisah.

5. Persective Toolbar

Perspective atau sudut pandang, dipakai untuk berpindah antara satu sudut pandang dengan sudut pandang yang lain. Contohnya, saat anda coding, maka semua tool yang berhubungan dengan code akan muncul, ini disebut dengan perpective java(coding), saat anda menjalankan aplikasi di emulator, maka bisa berpindah ke perspective DDMS, DDMS merupakan perspective dari sudut debugging dan testing. DDMS akan saya jelaskan secara terpisah.

6. Toolbar Utama Android

Tiga toolbar utama disini adalah AVD Manager untuk membuka jendela manajemen emulator, jendela Android SDK Manager  untuk mengupdate SDK (kedua toolbar ini peris dibelakang angka 6) dan toolbar RUN (icon play) dipakai untuk meruning aplikasi Android di emulator.

Sekian dulu, pembahasan berikutnya akan menjelaskan tentang DDMS.

Penulis: Candra Adi Putra

CandraLab Studio adalah Software house di Yogyakarta, Indonesia yang fokus ke aplikasi Mobile (Android) dan Web . Hubungi saya di candraadiputra(at) gmail.com

Tagged on:     

2 thoughts on “Visual Guide Eclipse IDE Android

Tinggalin komentar dong!