Web saat ini bukan hanya sekedar HTML,CSS dan Javascript. Teknologi web sekarang sudah sangat maju. Walaupun pondasi web tetap berpijak pada 3 teknologi dasar (HTML,CSS,JS) , namun saat ini banyak teknologi baru yang dibangun berdasarkan komponen. Nah, komponen web inilah yang akan saya jelaskan disini.  Karena banyaknya komponen teknologi web, maka akan saya bagi artikel ini menjadi beberapa tulisan kedepan.

Teknologi ini saya kelompokan berdasarkan abjad. Hal yang akan saya jelaskan cukup ringkas, hanya deskripsi, contoh dan screenshoot jika dirasa perlu. Informasi lanjut untuk masing masing teknologi bisa anda dapatkan di link yang saya sertakan. Ingat ya bro!  Belajar web tidak cuma HTML,PHP, MySQL. Ada puluhan teknologi diluar sana yang perlu kita tahu.

Advertising network

Saat anda berkunjung kesebuah website, biasanya ada iklan yang muncul bukan? Biasanya iklan yang muncul disebuah web sudah diotomatisasi dengan layanan iklan. Salah satu layanan iklan yang paling populer adalah adsense dari Google.

Analytics Tool

Pengelola website biasanya ingin mengetahui berapa sih jumlah pengunjung tiap hari, apa sih artikel yang sering dibaca, darimana sih pengunjung berasal, kata kunci apa sih yang sering dipakai dalam pencarian dan berbagai hal lainnya. Membuat tool analitics sendiri tentunya tidak mudah, maka sudah ada penyedia layanan yang akan memudahkan kita menganalisa  aktifitas pengujung web. Dua tool yang paling sering dipakai adalah Google Analyics dan WordPress stat.

GA_Home_Hero_01_dashboard

Tampilan Halaman Google analytics

Blog platform

Teknologi web yang ini sudah banyak yang tahu. Teknologi blog yang paling populer adalah WordPress dan Blogger. Perbedaan mendasarnya, WordPress bisa di hosting sendiri, sedangkan layanan Blogger, kita harus hosting di server Google. Anda bebas memilih platform mana yang akan anda pakai, masing masing punya kelebihan dan kekurangan.  Mengapa disebut blog platfrom? Karena anda tinggal pakai, semua sudah ada, seperti ganti plugin, widget, thema dan sejenisnya. Bagi yang ingin hosting dengan wordpress di server sendiri, silahkan download di wordpress.org.

Cache Tool

Cache tool adalah tool yang akan menyimpan file file yang sering diakses kedalam memori dan langsung diberikan keuser jika ada yang memintanya. Biasanya yang di cache adalah data data yang paling sering diakses. Sebagai contoh, ada artikel dengan judul “cara mudah belajar web”. Nah artikel tadi kan tersimpan didatabase, kalau tiap kali ada user yang mengakses web tersebut memintanya ke database, tentunya kerja database jadi berat dan akses menjadi lebih lama, padahal yang diminta itu itu saja. dari sinilah cache tool lahir. Sebagian framework PHP juga mempunyai cache tool. Cache tool bisa disamakan dengan reverse proxy dari sisi sofware. Cache tool yang paling populer adalah varnish. Tool ini sering dipakai untuk website yang di akses oleh jutaan orang perharinya. Untuk website biasa dengan pengunjung dibawah 1000 perhari  tidak perlu dipasang tool seperti ini.

 

 Captca

Captca adalah teknologi penangkal spam yang sering dipasang di form komentar atau pendaftaran. Biasanya anda disuruh memasukan kombinasi angka dan huruf yang muncul. Variasi dari captcha sangat banyak termasuk audio captcha. Sejak adanya teknologi ini, komentar spam dan user palsu bisa dikurangi secara drastis. Sebagian website juga memasang captcha saat user mau mendownload file. Tujuannya, agar download manager tidak bisa mendownloadnya secara otomatis. Layanan captca yang paling populer adalah reCAPTCA dari Google.

 

CDN (Content Delivery Network)

Sebuah website mempunyai kecepatan yang berbeda tergantung lokasi dan jumlah pengunjung saat itu. Sebagai contoh, anda mempunyai website yang servernya di indonesia. Saat di akses di indonesia, memang kenceng, tapi pernah ga dicoba kalau diakses di Jepang atau amrik? Nah, bisa saja website anda kenceng di indonesia tapi diakses dari luar ternyata lambat luar biasa. Kok bisa? Ya biasanya karena dua hal;  server sibuk atau jarak server terlalu jauh dengan user. Untuk mengatasi hal ini maka muncullah teknologi CDN.

CDN adalah layanan yang akan mendistribusikan content website anda ke beberapa titik server didunia dan secara otomatis akan memberikan content yang diminta user dari server terdekat. Ok anda bingung bukan? yup saya juga bingung, mudahnya begini, Anda mengakses facebook,  Orang di indonesia diberikan data web dari server terdekat di indonesia dan orang eropa akan diberikan data dari server di eropa. lah, terus siapa yang akan mengcopikan content yang kita upload keserver CDN? haha, ga usah dipikir, itu sudah otomatis. Itulah mengapa jika anda mengupload foto ke facebook atau Google, foto anda akan dicopy sebanyak server CDNnya. Nah makanya ga ada jaminan bahwa foto yang anda hapus benar benar terhapus dari internet. Contoh CDN yang cukup populer adalah Cloudfare.

CMS (Content manajemen system)

Anda bukan programmer, tapi disuruh buat website? tenang aja, sekarang sudah ada puluhan CMS open source bertebaran. Nah CMS sendiri itu apa sih? CMS adalah sofware yang sudah mengotomatisasi pembuatan sebuah website. Anda cukup membuat artikel, mengatur menu, mengupload gambar atau video lalu dengan beberapa klik . anda  juga bisa mengganti tampilan website sehingga tampil cantik dengan beberapa tombol klik dan  Bang! semua beres tanpa harus susah payah  belajar HTML atau PHP. Contoh CMS yang populer adalah drupal dan Joomla.

Comment System

Website kebanyakan memperbolehkan user memberi komentar pada artikel di website tersebut. Biasanya sebelum mengisi artikel, user disuruh memasukkan nama, email dan website terlebih dahulu, nah males banget kan? Comment system adalah layanan yang akan menyederhanakan hal tersebut. User boleh saja komentar anonymous, menggunakan Facebook, Google atau Twitter akun dan tinggal komentar. Yang menarik, komentar akan tertata rapi walaupun masing masing user komentar dengan akun yang berbeda beda. Comment System paling populer saat ini adalah disqus. Disqus sering dipasang disitus berita dan blog populer dunia.

Beberapa website berita dunia yang memakai disqus adalah CNN, IGN, Peeple magazine, The Nextweb dan The telegraph.

Database

Database adalah tempat untuk menyimpan segala informasi disebuah website dinamis. Dari menu, halaman, berita ,artikel, foto  dan komentar semua ada didatabase. Saat anda mengecek nilai secara online, data nilai anda juga ada di database. Nah, di internet database paling populer adalah MySQL dan MongoDB.  Tanpa database, membuat website yang mempunyai  ribuan halaman seperti detik.com pasti akan sangat sulit dilakukan.

Database Tool

Database server pada awalnya hanya diakses oleh administrator database yang mempunyai skill mumpuni. Dulu, database harus diakses lewat command line (DOS) sehingga tidak setiap orang bisa memakainya. Namun, beruntung sejak era web dan open source, sekarang mengakses database sudah sangat mudah karena banyak tool berbasis web yang akan memudahkan pengelolaanya. Database tool  yang paling populer adalah PHPMyAdmin. Kebanyakan PHPMyAdmin diakses oleh adminstrator web, letaknya biasanya di CPanel. Jika anda membangun webserver sendiri, anda juga bisa menginstall PHPMyAdmin di server anda.

Sampai sini dulu, besok akan kita bahas teknologi web yang lain... keep reading!

 

Penulis: Candra Adi Putra

CandraLab Studio adalah Software house di Yogyakarta, Indonesia yang fokus ke aplikasi Mobile (Android) dan Web . Hubungi saya di candraadiputra(at) gmail.com

Tagged on:     

Tinggalin komentar dong!