Ketika dulu saya mau kuliah di jogja, paman saya menyarankan saya kuliah jurusan non komputer. Alasannya, komputer bisa dipelajari di tempat kursus dan paling butuh waktu selesai hitungan bulan. Kasus ini juga tidak jauh berbeda dengan teman saya Ilham. Orang tuanya menyuruh mengambil kuliah jurusan lain, Nah bedanya dia menjawab dengan jawaban seperti ini:” Kalau memang komputer cukup di pelajari di kursus, kenapa ada jurusan TI yang membutuhkan waktu 4 tahun, dan pasti ada ilmu yang tidak bisa diajarkan di kursus. Yup, jawaban ini tepat dan mengena banget.

Alasan utama saya menulis artikel ini adalah untuk membedakan antara kursus komputer dengan kuliah komputer. Disini saya tegaskan bahwa masing masing punya kelebihan dan kekurangan. Jadi yang bagus yang mana? Yang bagus adalah yang sesuai dengan biaya dan keilmuan yang dibutuhkan. Alasan lain, ternyata banyak orang awam bahkan di luar negeri sekalipun menganggap bahwa cara memakai internet, memakai MS word, memakai Facebook dan sebagainya juga termasuk bagian dari Ilmu komputer (computer science). Jelas sangat berbeda antara belajar cara memakai komputer/internet/word dengan belajar komputer science yang membahas tentang komputer.  Contoh nyata dari kasus ini bisa tercermin dari buku buku komputer for dummies yang dikelompokan kedalam “Computer science”.

buku diatas adalah buku tentang cara memakai aplikasi internet, jenis buku ini bukan bagian dari Computer science

Salah label: buku diatas adalah buku tentang cara memakai aplikasi internet, jenis buku ini bukan bagian dari Computer science.

Perbedaan antara Kursus dan kuliah Komputer

Untuk memperjelas perbedaannya, mari kita lihat tabel  berikut ini

No Perihal Kursus Kuliah
1 Biaya Murah Mahal
2 Waktu Cepat Lama
3 Target Skill Pengetahuan & Skill
4 Kurikulum Tidak ada Standar Nasional/Internasional

Biaya

Sudah pasti kursus mempunyai biaya lebih rendah dari kuliah, karena memang kursus dibatasi pada satu materi dan hanya bertatap muka dengan pengajar.

Waktu

Sudah pasti waktu kursus jauh lebih cepat karena materinya jauh lebih sedikit ketimbang kuliah.

Target

Target dari kursus adalah skill (Ketrampilan) sedangkan target dari kuliah adalah ilmu dan skill secara seimbang. Satu lagi hal yang paling yang dimiliki oleh kuliah adalah konsep dari materi yang diajarkan lebih matang dan lebih dalam dalam pembahasannya. Sebagai contoh real, seorang mahasiswa dengan gelar S.Kom  bisa disamakan dengan arsitek gedung dan yang kursus adalah pekerjanya. Contoh lain, seorang lulusan S.Kom bisa disamakan dengan seorang perancang mobil, sedangkan yang kursus adalah perakitnya.Misalkan ternyata seorang lulusan IT kok juga cuman jadi buruh itu urusan lain.

Kurikulum

Kurikulum Kuliah jelas lebih rapih bahkan punya standar nasional dan internasional. Struktur mata kuliah juga jelas terstruktur sehingga kuliah memberi pondasi, ilmu , konsep dan skill yang tertata rapih dan struktur dengan harapan ketika di implementasikan dilapangan, mahasiswa bisa menerapkan ilmunya saat di dunia kerja.

Intinya, kursus itu tidak bisa menggantikan kuliah. Kursus hanya menekankan pada skill yang sangat spesifik. Sebagai contoh,anggaplah ada buku “Tips trik Android” atau buku “Pemrograman Android”. Maka buku pertama lebih cocok di ajarkan di kursus sedangkan buku kedua dajarkan di kampus. Walaupun, kursus pemrograman android juga ada, namun dengan materi hanya beberapa kali pertemuan tentunya hasilnya berbeda dengan yang mempelajari secara mendalam di kampus. Seandainya materi Android di kampus, apa yang diajarkan adalah “Desain dan implementasi Sistem operasi Mobile”,” DalviK Virtual Machine”, “Konsep Heap dan Register”,”Optimasi Kode”, “Rekayasa Perangkat Lunak”,” Interaksi Manusia dan Komputer”, “Desain Aplikasi Mobile” dan berbagai macam matakuliah yang tersebar ditingkatan semester.

Apa sih Materi kuliah yang tidak diajarkan di kursus?

sebelum membahas kuliah, mari kita lihat beberapa kursus komputer yang sering ditawarkandi LPK:

  1. Windows & MS Office
  2. Linux
  3. Jaringan komputer
  4. Pemrograman Web
  5. Desain Grafis
  6. Teknisi Komputer
  7. Hacking/hacker/security
  8. SPSS/statistik
  9. Visual programing (VB/Delphi/Java)
  10. Pemrograman database

Jika anda ingin tahu, saya akan tuliskan sedikit materi kuliah yang tidak akan anda dapatkan hanya dari kursus. Ingat, secara otomatis materi kursus juga sudah termasuk di kuliah. Tujuan dari daftar dibawah ini adalah agar bagi yang “sekedar” kursus, tidak merasa bahwa dia sudah menguasai ilmu komputer. Ilmu komputer yang didapat  di kursus itu tidak sampai 10% dari materi kuliah. Berikut ini adalah mata kuliah jurusan komputer yang tidak ada di kursus atau sangat jarang ditawarkan di kursus.

  1. Algoritma pemrograman.
  2. Struktur Data .
  3. Arsitektur Komputer.
  4. Computer Desain.
  5. Sistem Digital.
  6. Logika Informatika.
  7. Matematika Diskrit.
  8. Sistem Operasi (desain and Implementasi) -> Cara buat OS seperti Windows atau linux.
  9. Teknik Kompilasi -> Cara membuat bahasa pemrograman.
  10. Kecerdasan buatan -> Buat komputer menjadi berpikir seperti manusia.
  11. Computer Vision.
  12. Neural Network.
  13. Sistem pendukung Keputusan.
  14. Fuzzy Logic.
  15. Rekayasa Perangkat Lunak(perancangan,coding,testing, implementasi,security dll).
  16. Manajemen Proyek Sofware.
  17. Jaringan (konsep dan implementasi, termasuk Teknologi Internet).
  18. keamanan sistem, Sistem Operasi dll.
  19. Database (Konsep, desain, Implementasi).
  20. Pemrograman Sistem.
  21. Mobile Computing.
  22. Cloud computing (desain, programming, security dll).
  23. Sistem informasi.
  24. Interaksi Manusia dan Komputer (UI  dan UX Desain).
  25. Komputer Grafik.
  26. dan masih ada puluhan materi lain yang tidak tertulis disini.

Terus saya pilih mana?

Jika anda punya biaya, maka kuliah adalah pilihan pertama, karena bagaimanapun kuliah jurusan komputer tidak bisa digantikan dengan kursus. Jika anda sudah bekerja dan hanya membutuhkan ketrampilan tertentu,kursus adalah hal yang lebih tepat.  Jika anda mahasiswa, anda bisa tetap kuliah di jurusan komputer sekaligus kursus, mengingat kebanyakan materi praktikum di kampus tidak relevan dengan dunia kerja. Kursus didesain sedekat mungkin dengan kebutuhan lapangan. Biasanya, pengajarnya adalah praktisi yang terjun langsung di bidangnya.

Satu lagi, misalkan saya pilih kuliah, terus jurusan komputer mana yang dipilih, Teknik informatika? Manajemen Informatika? Teknik komputer? Ilmu komputer ? Jangan bingung, silahkan baca artikel selanjutnya, saya akan membahas secara detail perbedaan masing masing jurusan.

Penulis: Candra Adi Putra

CandraLab Studio adalah Software house di Yogyakarta, Indonesia yang fokus ke aplikasi Mobile (Android) dan Web . Hubungi saya di candraadiputra(at) gmail.com atau PIN:7D084922

Tagged on:     

5 thoughts on “Kursus Komputer vs Kuliah Komputer

  • 5 June , 2014 at 12:39 pm
    Permalink

    gan tapi kadang saya merasa adakalanya kuliah itu tidak berguna atau sekedar basa basi, dimana ketika kedapatan dosen yang mengajarnya se enaknya sendiri.. atau contoh lainnya juga ada yang membuat saya merasa down semangatnya, dimana ketika beliau mencoba mengalihkan kegiatan belajar mengajar diperankan kepada elemen mahasiswa,,, seperti dalam 1 semester itu kegiatan belajar mengajar dari mahasiswa untuk mahasiswa (presentasi) ini kan tidak relevan, ya kalo pas kedapetan mahasiswa yang menonjol sih gpp, tapi kalo pas kaga’ (memberikan materi yg tidak berbobot / sumber referensi yg tidak bisa dipertanggungjawabkan) lha kan saya rugi meluangkan waktu hanya untuk basa-basi, tadinya saya beranggapan bahwa lembaga pendidikan di dunia ini juga menyediakan jasa pendidikan non formal, seperti misalkan ugm ada khusus bahasa, kemudian di bagian teknik menyediakan khursus yang lengkap pula seperti pemrograman web, visual basic, dan lain2. eh tapi setelah membaca artikel agan,, ternyata tidak seperti yang saya bayangkan… jadi ane masih ngambang ni gan,,, memang sih instansi ne baru aja kedapetan cobaan yang mana sebelumnya akreditasi B sekarang jadi C, jiah tambah deh kebosanan ane gan… gimana gan ?? ada masukan?

    Reply
  • 26 November , 2013 at 5:57 am
    Permalink

    bner jg sih , smua harus terus berbenah y,
    thanks sob,

    Reply
  • 29 July , 2013 at 9:28 am
    Permalink

    yang bikin neg kalau kuliah itu disuruh belajar yang gak “penting”….macam ilmu sosial dasar, agama dan pancasila…itu setidaknya yg saya alami waktu kuliah teknik kimia dulu….yang saya harap tidak dilakoni oleh anak saya…..bayar untuk sesuatu yg gak ada gunanya blas….!

    btw, terima kasih atas share-nya….memberi pencerahan…..!

    sukses selalu

    Reply
    • 1 July , 2013 at 1:27 pm
      Permalink

      mnrt gw ada bener nya article mas chandra. klo yang sudah terjun k dunia programming/software development. d asumsikan mahasiswa belajar dengan benar, dia akan lbh mudah dan lbh matang dalam memahami konsep2 programming di real project.
      mental dan management jg penting dalam software development. bukan hanya bikin aplikasi asal jadi.

      cheers

Tinggalin komentar dong!

close
%d bloggers like this: