Internet adalah gudang informasi yang bisa membuat kita lebih efektif bekerja atau membuat kita malas bekerja. Saat ini, internet tidak hanya sebatas informasi, namun didalamnya terdapat tool, layanan dan fasilitas yang akan membuat kita lebih produktif. Produktif disini bisa diartikan kita bisa melakukan pekerjaan lebih cepat, efektif dan murah atau bahkan gratis.

Berikut ini adalah sofware, tool dan layanan yang saya rekomendasikan untuk dimanfaatkan untuk anda pengguna internet, khususnya 3 kelompok pengguna yaitu Mahasiswa, pegawai kantor dan web developer.

1. Browser dan tool


Pakailah Google chrome saat browsing. Browser ini tersedia di Windows, Linux, Mac OSX, iPhone dan Android. Jangan gunakan IE atau firefox. Dengan Chrome, loading halaman menjadi lebih cepat, tampilan sederhana (Tidak banyak tombol dan menu yang tidak perlu), dan bisa mensinkronkan thema, ektensi,bookmark dan setting antar perangkat.

Langkah selanjutnya, pasang Adblock. Adblock adalah ektensi yang akan memblokir 99% iklan yang ada diwebsite. Efeknya loading halaman lebih cepat, tampilan halaman lebih rapih dan anda bisa lebih hemat bandwidth. Adblock bisa memblokir iklan di Youtube, iklan Adsense, iklan Flash atau iklan Gambar. Yang perlu anda lakukan cukup install dan semua beres.

Jangan lupa pasang evernote untuk mencatat hal hal penting yang anda temui di web. Pasang Pocket untuk menyimpan artikel yang bisa anda baca di lain waktu dan yang lebih penting pasang stay Focusd yang akan membuat anda lebih efektif dalam bekerja. Stay focusd adalah ektensi Chrome yang mengatur waktu maksimal untuk browsing website. Anda bisa mengatur misal hanya bisa akses FB 10 menit perhari atau akses twitter cukup 20 menit  selama bekerja.

Gunakan layanan Google

Email dan Calendar 

Selain Chrome, biasakan selalu gunakan Google search untuk melakukan pencarian. Agar lebih efektif dalam mencari baca tips pencarian disini. Buat email di GMail, dengan GMail otomatis anda sudah membuat akun untuk Smartphone Android, Youtube, Blogger, Google analytics, Google site dan segudang layanan lainnya. Ingat, Hari ini sudah tidak jaman pakai Yahoo apalagi Hotmail.

Gunakan GMail untuk mengirim SMS. GMail menyediakan 50 SMS gratis yang mendukung semua operator di indonesia. Tidak ada lagi yang namanya ga bisa balas SMS karena tidak ada pulsa. Anda akan mendapat 5 gratis sms lagi jika sms yang anda kirim di reply. Lebih menarik lagi, SMS reply akan di arsipkan seperti Email. Gunakan Google calendar untuk mengatur jadwal anda dan setting Agar 30 menit atau 15 menit sebelum acara atur agar Google mengingatkan anda lewat SMS. Tidak ada lagi yang namanya lupa acara atau agenda.

 Hardisk online & Aplikasi Office 

Gunakan Google Docs dan Google drive untuk membuat dokumen (word) atau membuat laporan keuangan (excel). Jika anda dosen atau trainer, manfaatkan juga aplikasi untuk membuat presentasi anda. Semuanya bisa anda dapatkan secara gratis dan tanpa perlu menginstall sofware apapun. Simpan dokumen Office anda di Google Drive, anda bisa bisa mengaksesnya darimana saja dan kapan saja, tidak ada lagi yang namanya ketinggalan dokumen, lupa bawa flashdisk dan sejenisnya.

Web  Developer

Gunakan Google webmaster dan Google analytics untuk meningkatkan SEO dan menganalisa kunjungan user ke website yang anda buat.

Tingkatkan ilmu web anda di codeacademy yang akan mengajarkan anda secara interaktif, jangan lupa baca referensi web di Webplatform.org.

Opensourcekan aplikasi anda di github dan edit code secara online dengan online IDE super canggih cloud9 IDE.

Kesimpulannya, hanya dengan sebuah browser anda juga bisa tetap produktif, anda tidak perlu MS Office untuk mengetik dokument, Outlook untuk baca email  atau Dreamweaver untuk website. Semua bisa anda lakukan hanya dengan sebuah browser. semoga dengan tips sederhana ini anda bisa menjadi lebih produktif.

Penulis: Candra Adi Putra

CandraLab Studio adalah Software house di Yogyakarta, Indonesia yang fokus ke aplikasi Mobile (Android) dan Web . Hubungi saya di candraadiputra(at) gmail.com

Tagged on:     

One thought on “Menjadi Produktif dengan Internet

  • 31 January , 2013 at 8:25 am
    Permalink

    wuah…mantabb
    perkembangannya jadi ke browser semua ya gan
    rata2 dikuasai google semua :mrgreen:

    Reply

Tinggalin komentar dong!