HTML5 adalah teknologi internet yang menjadi “buzz word” beberapa tahun belakangan. Bagi yang sudah terbiasa dengan HTML, mungkin heran, apa sih yang menonjol? apa  bedanya dengan HTML 4? Mari kita cek satu persatu fitur unggulan dari HTML5 berikut ini. Untuk mencoba mengetes Demo HTML5 yang saya sertakan linknya, gunakan browser modern seperti Firefox, Opera atau Chome, JANGAN PAKAI Internet Explorer,  Karena IE paling rendah dukungannya terhadap HTML5.

HTML5 Logo

Penambahan input type & Validasi Form

Sebelum HTML5, sangat susah memvalidasi Form. Misalkan sebuah input tidak boleh kosong, input harus angka dan input yang valid diantara 1 sampai 100. Untuk membuat validasi tersebut kita menggunakan javascript atau PHP di server yangmana masing masing programmer dan framework mempunyai caranya sendiri sendiri. Dengan adanya HTML5 maka validasi sudah langsung ditangani oleh HTMl5.

Masih di Form, form tidak terbatas pada type text, password, file dan Hidden, HTML5 menambahkan input tipe telepon, url, email,number, range, color, date dan image. Dengan berbagai range input yang luas, maka form di HTML5 menjadi cikal bakal aplikasi berbasis web yang lebih populer dengan nama HTML5 App atau WebApp.

Untuk mencoba demo Form HTML5 silahkan buka disini

Native Audio dan Video

Sejak era 2000-an, audio dan video di internet tidak mempunyai standar. Kebanyakan audio menggunakan plugin itunes atau realplayer  sedangkan video player menggunakan Flash atau silverLight . Era plugin sudah berakhir, HTML5 menghadirkan Native audio dan Video Codec langsung didalam browser. Tidak ada lagi namanya udpate plugin atau browser  crash karena plugin error.

Coba demo HTML5  audio disini dan   Video HTML5 di sini.

Canvas

Canvas adalah fitur yang menarik. Bahasa mudahnya, dengan canvas kita bisa mengambar atau menampilkan animasi  langsung di browser. Lihat demonya disini.

Offline Support

Salah satu kelemahan dari aplikasi web adalah harus selalu online. HTML5 bisa bekerja walaupun tidak ada koneksi. Silahkan coba menggunakan beberapa aplikasi di Google chrome webstore seperti Google Docs dan Aplikasi Note. Dua aplikasi web ini bisa tetap berjalan walaupun tidak tersedia koneksi internet.

Drag & Drop

Kelebihan dari desktop adalah kemampun memindah atau mengkopi file cukup dengan “drag & drop”. Sekarang Web  bisa melakukan hal yang dulu hanya bisa dilakukan di Desktop. Salah satu web yang sudah menggunakan fitur ini adalah dropbox. Untuk mencobanya, buat akun di dropbox dan silahkan di upload image dengan cara mendrag file didesktop ke Halaman Dropbox, maka secara otomatis file akan terupload. Untuk mendonload cukup drag file yang ada di web dropbox ke desktop. Cool kan?

Mengakses Hardware.

Sebagian orang tidak mau membuat aplikasi web karena web tidak punya akses ke hardware. Yakin? sekarang bisa. HTML5 bisa mengakses Mic, Kamera dan Filesystem , Orientasi device (landscape atau potrait) dan Lokasi GPS langsung tanpa perlu plugin.  cek demonya disini.

Masih ada beberapa fitur tambahan seperti Notifikasi gaya desktop, keamanan, WebRTC, Microdata, PageVisibility, Fullscreen support, Web socket, History API, HTML editing, spellcheck WebGL dan beberapa teknologi web  yang masih dikembangkan. Nah, gimana? HTML5 bukan hanya menambah syntax ke bahasa HTML, namun menambahkan Puluhan fitur yang memungkinkan programmer web membuat aplikasi seperti desktop hanya dengan HTML dan teman temannya (CSS, JS, webAPI dll).

Intinya, Belajar HTML5 sekarang dan anda akan menjadi pelopor pembuat aplikasi HTML5 disaat nanti yang lain baru belajar. Ingat, mulai dari sekarang!

Penulis: Candra Adi Putra

CandraLab Studio adalah Software house di Yogyakarta, Indonesia yang fokus ke aplikasi Mobile (Android) dan Web . Hubungi saya di candraadiputra(at) gmail.com

Tagged on:     

Tinggalin komentar dong!