Di Google play, ada puluhan aplikasi chat yang bisa kamu pakai, namun aplikasi seperti ini tidak punya nilai plus yang membuat kamu terus mencobanya bukan? Ada  puluhan aplikasi pesan instant di desktop yang dibuatkan versi androidnya.  Itulah mengapa saya tidak membuat daftar aplikasi chat di Android, saya lebih suka membuat artikel tentang aplikasi video chat di Android. Aplikasi yang saya tulis disini bukanlah aplikasi baru, namun aplikasi yang sering anda dengar atau anda pakai di PC. Dari puluhan video chat, saya pilihkan 3 yang terbaik yaitu Yahoo messenger, Skype dan Google+ Hangout.

Yahoo Messenger

Yahoo Video Chat di Android

YM sudah menjadi standar de facto untuk aplikasi pesan instant, namun yahoo tidak berhenti disitu saja, sekarang Yahoo bisa mendukung Video chat di Android. Cuman yang bikin repot, kamu harus menginstall pluginnya terlebih dahulu. Caranya pastikan kamu sudah menginstall YM for Android, baru kemudian kamu install YM! Plugin. Nilai plus dari YM adalah terintegrasi dengan Windows Live dan Facebook chat. Dan satu lagi, kamu bisa kirim SMS gratis lewat aplikasi ini.

Skype

Sype versi tablet. Skype tersedia baik di Smartphone ataupun tablet.

skype sudah menjadi standar telepon internet diseluruh dunia. Kalau cuman video call kesesama skype gratis tapi kalau ingin telepon ke sembarang telepon rumah atau handphone, anda harus bayar. Bagi pengguna telkomsel, skype juga membuat versi khusus dengan nama Skype for telkomsel. Fitur lain dari skype adalah bisa mengirim file dan terintegrasi dengan Windows Live Messenger dan Windows Phone 8. Jadi anda juga bisa ngobrol dengan teman anda yang memakai Windows Phone dengan Skype.

Google+ Hangout

Google Hangout bisa mendukung video chat sampai max 10 orang

Google+ Hangout membua gebrakan dengan layanan video chatnya. Google+ Hangout secara default mendukung sampai 10 orang melakukan video chat dari tempat yang berbeda secara gratis.  Sayangnya untuk android, fitur ini hanya tersedia di Android ICS ketas. Selain di Android, Google+ Hangout juga tersedia di iPhone dan iPad.

Tiga aplikasi video chat diatas semuanya berkualitas, masing masingnya mempunyai pengguna yang besar dan tersedia dibeberapa Sistem operasi yang berbeda. Sekedar saran, pakailah yang biasa anda pakai di PC sehingga anda merasa nyaman dengan tampilan aplikasi.  karena aplikasi diatas adalah aplikasi yang biasa dipakai di PC, maka secara otomatis anda tidak perlu buat akun baru atau menambahkan daftar teman anda secara manual. Yang perlu diingat, semua aplikasi video chat membutuhkan jaringan yang stabil dan bandwidth yang cukup, jadi sangat disarankan menggunakan jaringan Wifi saat bervideo call.

Penulis: Candra Adi Putra

CandraLab Studio adalah Software house di Yogyakarta, Indonesia yang fokus ke aplikasi Mobile (Android) dan Web . Hubungi saya di candraadiputra(at) gmail.com

Tagged on:     

Tinggalin komentar dong!