SQLite adalah database yang berukuran kecil , berdiri sendiri, bukan database client server, tanpa konfigurasi namun mempunyai fitur penuh perintah SQL. Agar lebih jelas tenang sqlite akan saya jelaskan dalam format FAQ.

1. SQLite itu apa sih?

sudah terjawab diawal artikel ini, namun singkatnya SQLite adalah database SQL embeded.

2.Apa contoh produk yang memekai SQLite?

PHP, Firefox, Chrome, iPhone dan Android adalah contoh produk yang menggunakan SQlite. di Browser firefox, Sqlite dipakai untuk menyimpan konfigurasi, bookmark dan history website sedangkan di smartphone android, SQLite dipakai untuk menyimpan contact. Contoh penggunaan lain bisa dilihat di http://www.sqlite.org/famous.html.

3. Apa lisensi SQlite?

SQLite adalah produk public domain. Artinya tidak punya lisensi, anda boleh mengambil binary atau sourcecodenya secara free

4.Apakah saya bisa membuat produk komersial menggunakan SQLite?

Anda boleh membuat software dengan lisensi suka suka anda.  Anda boleh mengopensourcekan atau  mengkomersialkan itu bebas anda lakukan.

5.Apakah perintah SQL yang pernah saya pelajari di Database lain bisa dipakai di SQLite?

Sudah pasti, namun tidak semua perintah, biasanya perintah perintah standar saja.

6.Tipe data apa saja yang didukung di SQLite?

Numeric (integer,float, double), Text (Char,varchar,text), DATETIME dan BLOB.

7. Dimana saya bisa mendapatkan SQLite?

Anda bisa mendownloadnya di http://www.sqlite.org.

8. OS apa yang didukung oleh SQLite?

SQLite mendukung semua platform. Anda bebas memilih OS, mau pakai Windows, Linux, Mac OSX bahkan Android atau iPhone pun bisa.

9. Saya kesulitan menggunakan SQLite menggunakan Commandline, apakah ada too  berbasis web atau desktop untuk mengelola database SQLite?

Tool yang cukup populer adalah SQLite manager. SQLite manager adalah plugin Firefox, sedangkan tool berbasis web adalah SQLiteManager  yang dibuat dengan PHP.

10. Dimana saya bisa belajar SQLite?

Sekian dulu, posting selanjutnya akan membahas tentang  tutorial dasar dasar perintah  SQLite .

Penulis: Candra Adi Putra

CandraLab Studio adalah Software house di Yogyakarta, Indonesia yang fokus ke aplikasi Mobile (Android) dan Web . Hubungi saya di candraadiputra(at) gmail.com

Tagged on:     

Tinggalin komentar dong!