Wordpess sudah menjadi standar Blog platform karena  banyaknya plugin dan thema yang tersedia. Secara umum, hal paling penting dari CMS dan Blog ada pada sisi manajemen kontentnya. WordPress sudah memberikan fitur untuk menulis kontent dengan tampilan WYSIWYG editor, menambahkan fitur social seperti Share, like,+1 dan form komentar yang bisa dimodifikasi atau diintegrasikan dengan Twitter atau Facebook.

Namun, Salah satu fitur yang “most wanted” untuk diri saya sendiri dan user yang suka mengumpulkan ebook atau tutorial online adalah ‘Download as PDF’  . Untungnya ada pihak ketiga bernama printfriendly.com yang menyediakan plugin dengan fitur ini. PrintFriendly plugin bisa anda dapatkan di WordPress.org. Dengan plugin ini, anda bisa menambahkan ikon PDF di artikel anda layaknya Joomla. Fitur ini bisa anda install jika anda membuat blog atau website berbasis wordpress di Webhosting, bukan di Wordpess.com.

 

Kelebihan Plugin Print & PDF button

  1. Anda bisa membuang gambar saat anda ingin mendownload /mencetak artikel
  2. Anda juga bisa membuang paragraf yang dirasa tidak perlu (ini merupakan fitur cool yang tidak ada di joomla)
  3. Anda juga bisa mengirimkan artikel lewat email keteman anda)
  4. Tombol icon, warna dan posisi  bisa anda kostumasi sendiri dari halaman admin

 

Cara untuk menginstall plugin ini cukup mudah, cukup klik menu Plugin-> add new. Setelah itu, masukan kata kunci “Print Friendly and PDF Button” dan tinggal install. Setelah selesai, anda buka halaman blog anda, maka secara otomatis ada tombol print dan PDF dibawah artikel. Anda bisa mengatur posisinya dari menu konfigurasinya. Candra.web.id sejak beberapa hari yang lalu sudah memasang tombol Print & PDF button untuk memudahkan anda mencetak atau mendowload artikel sebagai file PDF dengan sekali klik (lihat ikon pdf di pojok kanan atas di setiap artikel ). Berikut ini adalah tampilan Print & PDF button saat di klik.

Tampilan Print & PDF Button, anda bisa mencetak, mendownload sebagai PDF atau mengirimkan email artikel yang sedang anda baca secara mudah, anda juga bisa menghapus gambar atau paragraf yang dirasa tidak penting.

untuk mencobanya, silahkan klik tombol PDF di pojok kanan atas artikel ini. Bagi anda yang punya Blog atau website berbasis WordPress, menyediakan fitur ini di blog anda akan meningkatkan pelayanan kepada user anda yang pada akhirnya Blog anda makin dikenal :).

Penulis: Candra Adi Putra

CandraLab Studio adalah Software house di Yogyakarta, Indonesia yang fokus ke aplikasi Mobile (Android) dan Web . Hubungi saya di candraadiputra(at) gmail.com atau PIN:7D084922

Tagged on:

One thought on “Plugin Download As PDF di WordPress

  • 19 February , 2013 at 3:21 pm
    Permalink

    kalo untuk wensite, ada gak ya plugin atau script untuk pdf/print seperti ini ?

    Reply

Tinggalin komentar dong!

close
%d bloggers like this: