Sebagai pengembang web, salah satu tugasnya adalah membuat dokumentasi tentang bagaimana cara mengoperasikan website. Dari menambah berita, mengupload foto atau  menambah user baru kedalam sistem. Hal ini adalah hal yang umum dilakukan setelah tahap pengkodean dan testing selesai.

Dokumentasi tentunya tidak lepas dari yan namanya screen capture atau screenshoot. Ada beberapa cara untuk mengambil screenshoot di komputer, yang pertama cukup menggunakan tombol PrntScrn, membuka Image editor lalu mempaste hasil capturenya.

Ketimbang repot-repot, alangkah baiknya anda menginstall ektensi screen capture yang dibuat oleh Google. Kelebihan screen capture ini adalah kemampuannya untuk mengambil tampilan website sesuai keinginan kita. Gambar berikut ini memperlihatkan bagaimana screen capture mengambil sebagian halaman google.

Mode capture

beberap mode yang didukung adalah :

1 Capture page region

Mengambil tampilan sebagian halaman, kita bisa menentukan bagian mana yang bisa kita capture.

2. Capture visible region

Mengambil tampilan dari halaman web yang tampak di layar (di Browser)

3. Capture whole page

Mengambil 1 halaman website secara utuh, ini salah satu kelebihannya, jadi ketika anda membuka halaman website yang panjang, maka tool ini bisa mengambil seluruh tampilan website secara keseluruhan

4. Capture Screen region

Dengan fitur ini, kita bisa mengambil sembarang tampilan dilayar, artinya anda juga bisa mengcapture tampilan program lain, misal mengambil tampilan desktop atau mengambil screenshoot tampilan Microsoft office, jadi walaupun awalnya didesain untuk mengambil gambar halaman web, saat ini tool ini mampu mengambil capture dari program apa saja,  termasuk program deskop.

Kekurangan

Kekurangan dari tool ektensi ini anda harus menginstall google chrome terlebih dahulu dan file hasil capture hanya bisa di simpan dalam format PNG.

Penulis: Candra Adi Putra

CandraLab Studio adalah Software house di Yogyakarta, Indonesia yang fokus ke aplikasi Mobile (Android) dan Web . Hubungi saya di candraadiputra(at) gmail.com

Tagged on:     

Tinggalin komentar dong!