Android saat ini sudah merajai pasar smartphone, bahkan Apple Iphone yang menjadi idola smartphone sudah turun tahta. Dalam artikel ini, saya akan tuliskan 10 aplikasi paling keren di android yang bisa kamu download di android market place, semuanya free.

1. Layar

Layar adalah Browser Augment reallity yang menggunakan Google maps sebagai pondasinya. Jika anda bingung, saya akan beri contoh yang lebih mudah dipahami, Layar memanfaatkan GPS di HP anda, dengan aplikasi ini anda bisa menemukan Rumah makan terdekat di sekitar anda, photo di sekitar anda, Siapa yang sedang ngetweet di lokasi disekitar kamu, Video youtube apa yang diambil dari lokasi di tempatmu, Dimana lokasi Tower seluler Operator terdekat   ditempatmu, berapa jumlah penduduk di kota tempat kamu tinggal, artikel wikipedia tentang lokasi populer di tempatmu  dan banyak lagi,hebatnya , anda bisa langsung melihat lokasinya di Google Maps. sekarang sudah ada 1500 layer yang bisa anda pake dan coba di Layar. Slogan dari aplikasi ini adalah ” See what you can’t see“.

 

 

2.Shazam

Pernahkah anda mendengarkan lagu di radio  yang bagus namun anda tidak tahu siapa penyanyinya dan apa judul lagunya? Install aplikasi ini dan shazaaaaaaaam…anda akan diberi tahu siapa penyanyi dan lagu serta Cover Albumnya. caranya? , cukup buka aplikasi dan tekan  logo shazam dan biarkan Android mendengarkan potongan lagu sekitar 10 detik dan BANGGGG!! Magic happen!!, tapi ini cuman program kok, ga pake dukun apalagi jin…Cool!,

 

 

 

 

3. Google Maps

Aplikasi ini tidak perlu anda download, karena secara default sudah ada di Android Anda. Fiturnya sangat banyak, namun fitur yang paling saya suka adalah “My Location”, saat anda membuka maps dan menekan tombol “My Location” maka automagically posisi anda akan tampil di peta. Sangat bermanfaat ketika anda suka bepergian ke kota lain dan tersesat disana. fitur yang lain adalah ” Direction“, misal anda orang baru di Yogyakarta, dan posisinya sekarang di Bandara adi sucipto dan anda ingin menuju Jalan malioboro, cukup sentuh my Location dan get direction masukan “Jalan malioboro” dan sekali lagi magic happen, anda akan ditunjukan jalan kesana, beserta jarak serta perkiraan waktu tempuhnya . Fitur lain Integerasi Google Latitude, Wikipedia dan Google Buzz.

4 Compass

Compass adalah aplikasi pelengkap dari GoogleMaps, dengan kompas anda tidak akan “keder” dimana posisi utara dan selatan, terutama jika kita suka bepergian dan anda bingung  saat  mau sholat tapi ga tau harus menghadap kemana? nah kompas wajib anda install.

 

 

 

 

5.Google Goggles

 

Google googles adalah aplikasi Visual search dari Google, ketika anda melihat logo, gedung, foto, sampul buku, tulisan, QR Code dan gambar lainnya cukup buka Googgles dan ambil gambarnya, otomatis aplikasi ini akan menscan gambar dan menampikan hasil pencariannya di Google. contoh mudahnya, anda ke pameran Komputer dan melihat Notebook terbaru dengan prosesor Core2Duo terbaru, cukup ambil foto Logo core2duo dan Bingooo, anda akan mendapakan informasi tentang Core2Duo dari hasil pencarian Google.

 

6. RingDroid

Masih ingat ga saat kita dulu (atau mungkin sekarang anda masih melakukannya?)  mau buat ringtone dengan cara memotong file mp3 di komputer dan mengkonvert ke Midi(? waduh repot amat? di android, anda cukup menginstall Ringdroid, tentukan titik awal dan akhir dari potongan lagu mp3 anda dan Save, membuat ringtone selesai. Simple dan mudah.

 

 

7. TuneIn Radio

Masih suka dengerin radio dikamar? atau masih suka dengerin lagu di stasion lokal lewat HP anda? bagaimana kalo anda suka lagu di stasiun radio lokal yogyakarta dan sekarang anda pindah ke Bandung atau ke Medan? cukup install aplikasi ini dan anda bisa mendengarkan Radio lewat streaming internet dari Android Anda. Bukan hanya daftar stasiun di indonesia saja yang bisa didengerin, namun radio dari seluruh dunia bisa anda dengarkan, ada sekitar 44.000 stasiun radio(saya tidak salah tulis dan anda tidak salah baca) yang bisa anda dengarkan dengan aplikasi ini. cuman pastiin anda memakai langganan internet unlimited seperti telkom flash agar pulsa anda ga tersedot habis :D. sekarang Itunes sudah ada di kantong anda :D tanpa mengeluarkan serupiahpun :D.

8. Google Translate

tidak banyak penjelasan untuk aplikasi ini, intiya satu, Google translate di HP anda, yang artinya anda menguasai 40-an bahasa dunia dalam sekejap, yang keren dari aplikasi ini, bisa langsung mentranslate SMS yang anda terima, siapa tau anda punya kenalan orang jepang atau Orang arab kan? , wah jadi inget C-3PO di starwars :).

 

 

 

9. Youtube

Aplikasi ini sudah ada dari ‘sono’nya, jadi anda tidak perlu download, dengan koneksi internet unlimited (misal pake flash) anda bisa menonton jutaan Video di HP anda.

10. Skype

Waduh, pingin nelpon jarak jauh nih? Pakai skype for android aja, mau ngobrol berjam jam gratis walaupun orang yang sedang anda telepon ada di ujung dunia. (Tentunya teman anda harus pake skype juga :).

Kok aplikasi social network ga ada  neh? sebenarnya ada, cuman karena aplikasi seperti Facebook,twitter danYM sudah ada di hampir setiap HP, bahkan di HP “StupidPhone” sekalipun, makanya aplikasi tadi tidak saya sebut, jika kurang puas, banyak aplikasi dan layanan web anda pake di PC atau browsr anda tersedia di Android, dari YM, FB, Twitter, foursquare bahkan winamp dan AVG antivirus ada disini. ya selamat menikmati aplikasi diatas, dan bagi yang ingin beli HP android, silahkan cek di http://www.andro-phones.com/all-android-phones.php, disini Sebagian besar spec HP android  bisa anda liat beserta fiturnya.

Sekedar iklan, jika anda programmer dan Admin jaringan, silahkan ikut acara saya “Android Hacking and proggramming di LPK Efac Yogyakarta tgl 5-6 Maret 2011″, disini anda akan di ajarkan cara mengoptimalkan android dari sisi jaringan dan Pemrograman.

Penulis: Candra Adi Putra

CandraLab Studio adalah Software house di Yogyakarta, Indonesia yang fokus ke aplikasi Mobile (Android) dan Web . Hubungi saya di candraadiputra(at) gmail.com

Tagged on:     

5 thoughts on “10 Aplikasi Paling keren di Android

Tinggalin komentar dong!