10 Plugin Wajib Notepad++

Notepad Plugin Manager

Notepad++ sekarang sudah menjadi programmer editor wajib yang dipakai programmer yang menggunakan OS Windows. Banyak fitur yang ada di editor canggih ini, mulai dari syntax highlighting, code folding, line numbering, multitabediting dan dukungan plugin yang banyak. Nah sayangnya fitur yang terakhir inilah yang jarang dipakai, padahal ada puluhan plugin yang bisa membuat kita lebih produktif.

Plugin adalah komponen  yang bisa menambahkan fungsi atau tugas tertentu kedalam notepad++. Contohnya misal memformat file, export file atau mengedit file di Server. Anda bisa menambahkan plugin lewat menu Plugin -> Plugin Manager.

Notepad Plugin Manager
Jendela plugin manager, install plugin sesuai kebutuhan anda disini.

Dari puluhan plugin yang tersedia, saya merekomendasikan 10 plugin yang wajib anda install berikut ini.

1. LightExplorer

menembahkan jendela Windows Explorer di samping kiri editor. Sangat bermanfaat ketika anda mengedit banyak file di lokasi yang berbeda. Anda tidak lagi harus membuka file lewat jendela open dialog.

2. nppFTP

Plugin untuk mengedit file yang letaknya di server FTP. Saya sendiri memanfaatkannya untuk mengedit file di server hosting.  Sekenario paling sering terjadi jika website sudah terlanjur di online kan, namun ternyata masih ada beberapa bug. Daripada report buka cpanel, lalu upload file baru, mending gunakan nppFTP, tinggal konek ke server lalu klik dua kali file yang ingin di edit. Isi file akan dibuka di notepad++ dan ketika anda menekan tombol save, file akan tersimpan langsung keserver.

3. Tortoise SVN

Digunakan untuk mengedit file yang ada di repositori SVN. Namun sebelum anda memakai plugin ini, program Tortoise SVN   sudah harus anda install terlebih dahulu. Tool ini sangat cocok untuk anda yang mau mengedit file di server SVN langsung dari Notepad++.

4. Autosave

Plugin ini untuk menyimpan file secara otomatis setiap periode tertentu. Anda bisa mengatur waktunya di menu Plugin->Autosave -Option.

5. Compare

Fungsinya membandingkan file yang sedang anda edit dengan isi file yang terakhir kali disimpan. Sangat bagus untuk melacak perubahan isi file.

6.InsertLoremIpsum

Ketika anda sedang membuat desain web dengan CSS, anda butuh data text yang banyak.  Isi text sendiri tidak penting karena yang kita tekankan  format tampilannya. Gunakan Plugin ini untuk membuat “Lorem ipsum” text. Saya jamin para desainer web akan membutuhkan plugin ini.

7. TextFX

TextFX secara default sudah ada sejak pertama kali anda menginstall notepad++. TextFX  menyediakan puluhan fungsi, silahkan lihat dan coba sendiri menunya. Beberapa fungsi yang cukup bermanfaat misalkan “insert date time”, “convert text to Upper/lower case”  dan  “Delete blankline”.

8. JSON Viewer

Menampilkan data json dalam format tree (pohon). Anda harus memblok teks lalu memilih Plugin-> JSON Viewer> Format JSON. Jika  anda ingin membuat aplikasi web yang menggunakan  webservice seperti Google Maps  anda akan bertemu dengan format ini.

9. XML tool

Semua operasi yang berhubungan dengan XML tersedia di plugin ini. Contoh kegunaan XML tool adalah memformat file XML, mengecek validasi file XML, memberi komentar atau membuang komentar dari file XML.

10. NppExport

Berguna untuk meng export file ke format RTF atau HTML.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

4 thoughts on “10 Plugin Wajib Notepad++”

  1. gan mau tanya..
    kok notepad++ ane gk bisa buat ngetik php ya?

    itu warnanya merah gan

    waktu ane compile juga di browsernya parsing error..

    apa untuk ngodong php ada pluggin tersendiri mas? terima kasih

Tinggalin komentar dong!