10 Ekstensi Chrome untuk Web Developer

Menjadi developer web tidak melulu harus coding, ada saatnya kita melakukan testing di browser. Apa sih yang dites? banyak hal yang harus di test untuk memastikan aplikasi web kita berjalan mulus, dari fungsional aplikasi, tata letak, User experience, testing dengan simulasi berbagai ukuran layar.   tahap selanjutnya   adalah membuat dokumentasi dan perawatan website misalkan membuat user guide untuk client, mengecek ranking website, cek pagerank, analisa kecepatan loading website atau  melihat teknologi web yang digunakan oleh sebuah website. Banyak cara untuk melakukanhal diatas, namun menggunakan Google Chrome extention merupakan cara termudah dimana anda bisa melakukan semua hal diatas. Extention  ini adalah extention yang didesain khusus untuk mempermudah hidup para  web developer.

Namun, karena banyaknya tool developer, saya akan memilihkan 10 ektensi Chrome yang patut  anda coba.

Firebug lite

Tool debugging wajib di firefox sekarang hadir di Google Chrome. Firebug mempunyai fitur yang luar biasa, diantara kemampuannya adalah menganalisa error javascript.

Web Developer

Web developer adalah tool all in one untuk menganalisa layout sebuah website. Webdeveloper bisa  mengecek validasi dari CSS, HTML  dan RSS feed. Tool ini juga bisa Menganalisa Layout, Mendisable CSS dan mengubah ukuran layar browser. Sangat cocok untuk testing sebuah website di berbagai kondisi.

Stack overflow search

Stack Overflow search adalah ektensi sederhana untuk melakukan pencarian di Stackoverflow.com. Bagi yang belum tahu, Stackoverflow adalah forum para developer dunia yang membahas hampir semua aspek programming  terutama dari sisi implemantasi code. Pembeda dari forum yang lain ada pada jawaban yang diberikan. Jawaban  bisa dirating dan solusi yang terdapat disini bersifat aplikatif dan implementatif. Untuk memakai ektensi ini, cukup ketik so tekan tab dan ketikan query pencariannya.

Colorpicker

Suka dengan kombinasi warna disebuah website, ingin mendapatkan code warnanya? gunakan Color picker.

YSlow

Tool dari Yahoo untuk menganalisa kecepatan loading website anda. Kelebihan tool ini adalah pemberian nilai untuk masing masing aspek. Nilai tertinggi A dan terendah F. Selain itu anda juga akan mendapat rekemondasi untuk meningkatkan kecepatan website anda.

User agen switcher

Kalau anda cuma menggunakan Google Chrome sebagai alat testing, tentunya anda akan bertanya tanya? bagaimana seandainya jika website ini dibuka dengan browser lain? cukup gunakan Crhome dan ganti ‘agen browser’ nya ke IE, Firefox, safari atau opera. Anda akan mendapatkan tampilan website yang ditargetkan untuk browser tersebut.

 

Builtwith

Tool yang bekerja seperti magic. fungsi utama dari Builtwith adalah menganalisa teknologi dibalik sebuah website. Teknologi yang bisa didapatkan oleh tool ini adalah CMS, Bahasa pemrograman, Framework, CDN, javascript library, Widget, analitic tool  dan encoding.


IP address and domain Information

Sudah tergambar dinamanya, tool untuk mendapatkan IP dari website yang sedang dibuka. Namun kelebihan tool ini cukup banyak, salah satunya adalah menampikan lokasi ip di Peta Google maps.

Screen Capture

Sudah selesai melakukan coding dan testing? Sudah saatnya membuat dokumentasi User guide. Gunakan screen capture untuk mengambil screenshoot secara mudah di browser. Screen capture mendukung capture satu halaman penuh, visible content, Page selection dan screen selection.

alexa Rank Checker

Tool sederhana untuk mengecek rangking website di Alexa.com, cukup buka website anda dan klik ektensi alexa. Anda akan mendapatkan informasi rangking website beserta kecepatan loading websitenya. makin kecil nilainya, makin bagus.

Nah cukup sekian saja, sebenarnya masih banyak tool developer yang lain, anda bisa mencarinya sendiri di Chrome Web Store .

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!